Jakarta (ANTARA) - Nanas adalah buah tropis yang kaya manfaat, karena tidak hanya banyak mengandung vitamin, tapi juga antioksidan, serat, dan air.

Selain itu nanas juga ideal untuk dijadikan kudapan sehat terutama bagi yang sedang menurunkan berat badan karena buah ini rendah kalori. Tidak hanya menyehatkan tubuh, nanas juga dapat menyehatkan dan mempercantik kulit.

Nanas mengandung enzim kuat yang disebut bromelain, yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Itu juga salah satu alasan utama nanas diklaim baik untuk kulit Anda. Studi telah menunjukkan bahwa bromelain memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Baca juga: Makanan untuk meringankan gejala PMS

Baca juga: Konsumsi jamur putih jadikan tubuh bugar dan cegah kanker


Laman Healthline melaporkan bahwa sebuah penelitian pada delapan orang dengan pityriasis lichenoides chronica (PLC), penyakit kulit kronis yang menyebabkan bintik-bintik kecil dan bersisik pada kulit, mencatat bahwa kulit yang bermasalah dioleskan salep yang dilengkapi dengan kandungan bromelain setiap hari selama 3 bulan. Hasilnya kondisi kulit mereka kembali normal dan sehat tanpa ada efek samping apa pun.

Selain bromelain, nanas juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Semangkuk nanas mengandung 88 persen dari jumlah nilai harian (DV) untuk vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin C memiliki beberapa khasiat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C pada nanas dapat mendorong produksi kolagen yang memberi struktur pada kulit sambil mempertahankan elastisitasnya.

Nanas juga kaya akan antioksidan yang terbukti dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan dan vitamin c yang tinggi pada nanas dapat membantu proses regenerasi kulit terutama untuk membantu penyembuhan luka dengan mendukung produksi sel kulit baru.

Kendati demikian, jangan sembarangan mengoleskan atau menempelkan nanas segar ke kulit. Meskipun bromelain dikenal memiliki efek yang sangat baik untuk kulit, namun perlu sejumlah proses yang dilalui sehingga bromelain aman untuk dioleskan langsung ke kulit.

Hal ini disebabkan karena bromelain sebagai enzim yang sangat kuat juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit bahkan sejumlah orang memiliki alergi pada bromelain segar. Beberapa orang mengalami pembengkakan pada lidah, gatal pada area mulut dan tenggorokkan sesaat setelah mengonsumsi nanas. Ini merupakan efek samping bromelain segar pada sebagian orang.

Sebagai alternatif, cobalah mencari produk perawatan kulit dengan ekstrak nanas sebagai salah satu kandungannya. Produk perawatan kulit tentu sudah melalui sejumlah uji dan bromelain yang terkandung dalam produk tersebut tentu lebih aman digunakan karena sudah terfortifikasi.

Baca juga: Enam manfaat nanas bagi kesehatan

Baca juga: Menu Ramadhan - Salad nanas quinoa untuk bantu turunkan berat badan

Baca juga: Ekstrak pepaya dan nanas untuk cerahkan kulit

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021