Hari Bumi, Menko Luhut ajak dukung Indonesia capai "zero emission"

Hari Bumi, Menko Luhut ajak dukung Indonesia capai "zero emission"

Tangkapan layar dari Menko Marves Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers Langkah Hijau Grab yang dipantau dari Jakarta, Kamis (22/4/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Hari Bumi mengajak seluruh pihak untuk mendukung Indonesia mencapai net-zero emission atau netralitas karbon.

"Saya mengundang semua teman-teman yang lain untuk bersama-sama juga bahu-membahu untuk kita bisa zero emission lebih cepat dari apa yang kita targetkan sekarang," kata Menko Marves Luhut dalam acara Konferensi Pers dan Pameran Virtual Grab Langkah Hijau, yang dipantau dari Jakarta pada Kamis.

Dalam acara yang diadakan tepat pada Hari Bumi, yang diperingati setiap tahunnya pada 22 April, Luhut menegaskan keyakinannya bahwa Indonesia dapat mencapai target nol emisi gas rumah kaca seperti yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Puan: Perlu upaya bersama merawat bumi

"Presiden ingin melihat Indonesia ini betul-betul menjadi bagian untuk membuat dunia lebih ramah lagi dan lebih hijau lagi," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Luhut juga menyambut baik usaha dan komitmen Grab untuk membangun ekosistem transportasi yang berpegang pada prinsip berkelanjutan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam sambutannya di acara itu juga memberikan ucapan selamat untuk peringatan Hari Bumi dan mengapresiasi langkah perusahaan tersebut untuk memperkuat layanan kendaraan berbasis baterai, fitur pengembangan jejak karbon daur ulang sampah.

Dia menegaskan Indonesia terus bergerak menuju era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan langkah awal dimulai dalam penggunaan kendaraan listrik untuk operasional beberapa kementerian/lembaga serta pemerintah daerah.

"Dalam public launching KBLBB yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM pada 17 Desember 2020, berbagai instansi sudah menunjukkan komitmennya dalam mempercepat KBLBB. Peluncuran itu bertujuan mensinergikan pelaksanaan Perpers No.55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan," tegasnya.

Baca juga: Peran masyarakat adat perlu diperkuat kendalikan perubahan iklim
Baca juga: KLHK dorong masyarakat terus pilah dan kurangi timbulan sampah
Baca juga: KLHK lakukan akselerasi untuk capai target pengelolaan sampah

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jokowi tegaskan komitmen RI atasi perubahan iklimĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar