Milan (ANTARA) - Jaksa penuntut Italia telah menyelesaikan penyelidikan atas ambruknya jembatan jalan raya yang mematikan pada 2018 dan sedang mempersiapkan kemungkinan dakwaan terhadap 69 mantan karyawan infrastruktur Atlantia serta pejabat pemerintah, sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan pada Kamis.

Sebuah jembatan jalan raya yang dioperasikan oleh unit jalan raya Atlantia Autostrade per l'Italia ambruk di kota utara Genoa pada 14 Agustus 2018, menewaskan 43 orang dan membuat infrastruktur Italia hancur berantakan.

Jaksa penuntut telah memeriksa tuduhan bahwa unit Atlantia Autostrade per l'Italia dan SPEA dan beberapa manajemennya tidak merawat jalan raya itu dengan benar dan bahwa pejabat di kementerian transportasi gagal mengawasi pemeliharaan yang diperlukan.

Atlantia, Autostrade, dan Spea menolak berkomentar tentang masalah ini.

Berdasarkan hukum Italia, setelah penyelidikan ditutup, tersangka memiliki waktu tiga minggu untuk menanggapinya. Pada saat itu, jaksa penuntut dapat meminta izin dari pengadilan untuk mengajukan tuntutan atau merekomendasikan mengesampingkan kasus.
Baca juga: Penyelidikan jembatan ambruk Hutan Kemayoran masih berjalan
Baca juga: Jembatan Benenai dekat perbatasan RI-Timor Leste miring akibat banjir


Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021