DPR berharap KTT ASEAN hasilkan solusi ciptakan kedamaian di Myanmar

DPR berharap KTT ASEAN hasilkan solusi ciptakan kedamaian di Myanmar

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. ANTARA/Imam B.

Kehadiran junta militer menjadi sebuah titik awal negara di ASEAN dapat menggali dan meminta informasi mengenai kondisi terkini di Myanmar.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, 22—24 April 2021, dapat menghasilkan sebuah solusi dalam menciptakan kedamaian di Myanmar.

"KTT ASEAN yang langsung dipimpin Raja Brunei Darusallam Sultan Hassanal Bolkiah dan digelar di Jakarta, diharapkan dapat menghasilkan sebuah solusi dalam menciptakan kedamaian di Myanmar yang sampai saat ini masih bergejolak dan jatuhnya korban jiwa dari masyarakat sipil," kata Azis di Jakarta, Kamis.

Azis berharap KTT ASEAN harus dapat mencari solusi positif untuk memulihkan demokrasi dan menciptakan suasana damai dan kondusif di Myanmar.

Ia menjelaskan bahwa KTT ASEAN di Jakarta akan dihadiri pemimpin negara-negara Asia Tenggara serta pemimpin junta militer Myanmar.

"Semoga terjadi sebuah dialog antarpimpinan," katanya.

Baca juga: 300 personel Kepolisian amankan KTT ASEAN

Azis juga berharap negara-negara di ASEAN dapat mengetahui secara jelas mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Myanmar saat ini.

"Kehadiran junta militer menjadi sebuah titik awal negara di ASEAN dapat menggali dan meminta informasi mengenai kondisi terkini di Myanmar," ujarnya.

Ia berharap pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta dapat berjalan sukses dan lancar dengan mengutamakan protokol kesehatan dan mewujudkan harapan seluruh dunia, yaitu terciptanya perdamaian.

Baca juga: Utusan khusus PBB adakan pertemuan sebelum KTT ASEAN tentang Myanmar

Baca juga: Pimpinan junta Myanmar akan hadiri KTT ASEAN di Jakarta


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wakil Ketua DPR: PPKM efektif selama ada penunjangnya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar