Saham Hong Kong naik ikuti bursa Asia

Saham Hong Kong naik ikuti bursa Asia

Dokumentasi - Logo Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. (HKEX) terlihat di distrik Pusat keuangan di Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/am.

Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong ditutup menguat pada Kamis, sejalan dengan pasar Asia lainnya karena investor menyambut baik pemulihan ekonomi di Amerika Serikat dan pasar negara maju lainnya.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng naik 133,42 poin atau 0,47 persen menjadi 28.755,34. Indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,46 persen menjadi 10.939,12.

Sub-indeks saham energi Hang Seng merosot 0,1 persen, sektor keuangan berakhir turun 0,37 persen, sementara sektor TI naik 1,63 persen, dan sektor properti naik 0,07 persen.

Saham yang naik tertinggi di Hang Seng adalah Meituan 3,47 persen, sedangkan yang mengalami penurunan terbesar adalah Geely Automobile Holdings Ltd, yang turun 1,78 persen.

Dorongan dari dinamika perdagangan itu datang ketika tingkat vaksinasi di Inggris dan negara lain terus meningkat dan warga yang lelah dengan pandemi merangkul lebih banyak kebebasan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, sesuatu yang tercermin dalam beberapa pendapatan perusahaan baru-baru ini.

Namun, kekhawatiran atas ketegangan Tiongkok-AS mengganggu sentimen.

Dorongan bipartisan Kongres AS untuk melawan China meningkat pada hari Rabu ketika komite Senat sangat mendukung RUU yang menekan Beijing tentang hak asasi manusia dan persaingan ekonomi dan anggota parlemen lainnya memperkenalkan langkah yang mencari miliaran untuk penelitian teknologi.

Indeks utama China, Shanghai Composite ditutup turun 0,23 persen pada 3.465,11 poin, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 berakhir turun 0,19 persen.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang menguat 0,36 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 2,38 persen.

Yuan dikutip pada 6,4886 per dolar AS pada 08:39 GMT, 0,03 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya pada 6,4903.

Pada penutupan, saham-A China diperdagangkan dengan premium 34,05 persen dibandingkan saham-H yang terdaftar di Hong Kong.

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup turun di tengah kekhawatiran kebangkitan virus
Baca juga: Saham Hong Kong ditutup untung, terkerek "rebound" sektor industri
Baca juga: Saham Hong Kong dibuka melemah, indeks HSI turun tipis 0,03 persen


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waskita Karya jual saham tol di Sumut ke investor Hong Kong Rp824 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar