Alfamart Sahabat Bumi dilaksanakan serentak di 12 kota dan kabupaten di Indonesia, termasuk menanam sebanyak 200 pohon di Kabupaten Bogor.
Bogor, Jabar (ANTARA) - PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pengelola jaringan ritel modern Alfamart melakukan aktivitas penanaman 15.000 pohon di berbagai wilayah Indonesia dalam memperingati Hari Bumi.

"Ada lima pilar CSR kita, salah satunya Alfagreen, yang tahun ini diwujudkan dengan menanam 15.000 bibit pohon yang juga sebagai simbolisasi jumlah toko kita," kata Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima di Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/4).

Ia menjelaskan program bernama Alfamart Sahabat Bumi dilaksanakan serentak di 12 kota dan kabupaten di Indonesia, termasuk menanam sebanyak 200 pohon di Kabupaten Bogor.

Bibit pohon tersebut ditanam di berbagai tempat, mulai dari pinggiran sungai, hutan kota, lahan rawan, jalan raya dan lain-lain. Kemudian, jenis pohon yang ditanam pun beragam seperti pohon buah, pohon pelindung, dan pohon produktif lainnya.

“Setidaknya melalui gerakan ini kita mulai usaha untuk memberi kesadaran pentingnya lingkungan asri yang minim polusi, terhindar dari bencana sekaligus memberi warisan yang berguna di masa mendatang,” kata Nur Rachman.

Sementara, Corporate Communication Alfamart, Irvan Ganevan menyebutkan bahwa khusus 200 bibit pohon yang ditanam di Bogor yaitu buah matoa, kedoya dan bungur di sepanjang bantaran kali Cidepit, Desa Pasir Gaok, Rancabungur, Kabupaten Bogor.

"Selain bisa mencegah lubernya air sungai, pohon yang ditanam bisa memberi manfaat tambahan bagi warga desa sekitar dengan buah dari pohon tersebut," katanya.

Kepala Desa Pasir Gaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Sarifudin yang juga hadir dalam acara penanaman pohon menyambut baik upaya melestarikan lingkungan yang dilakukan oleh Alfamart.

"Berharap penanaman pohon ini dapat di ikuti oleh yang lain sehingga hasilnya dapat di rasakan warga sekitar," katanya,

Baca juga: Pusri tanam 2.000 pohon peringati Hari Bumi

Baca juga: Soal Pergub larangan kantong plastik di Jakarta, ini tanggapan peritel

Baca juga: Lazismu kelola donasi pelanggan Alfamart Rp3,21 miliar lebih

Baca juga: Jakbar terima bantuan ratusan sembako dan APD dari Alfamart


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021