Jakarta (ANTARA) - Petenis unggulan teratas Rafael Nadal dari Spanyol harus kembali melalui pertandingan dalam tiga set demi mengamankan posisinya ke perempat final Barcelona Open 2021.

Pada babak ketiga, Kamis malam waktu Barcelona, Nadal lolos dari tekanan Kei Nishikori sebelum meraih kemenangan 6-0, 2-6, 6-2 dalam dua jam 19 menit. Sehari sebelumnya, petenis tuan rumah ini juga terlibat laga tiga set selama dua jam 20 menit saat melawan Ilya Ivashka.

"Saya pikir saya bermain jauh lebih baik dari kemarin, ini hal yang sangat penting bagi saya. Tingkat energi positifnya lebih tinggi, jadi saya sangat puas," kata Nadal, seperti dikutip dari laporan ATP Tour.

Baca juga: Nadal kewalahan atasi petenis ranking 111 Ivaskha di Barcelona

Petenis peringkat tiga dunia itu memulai dengan mematahkan servis Nishikori pada gim pembuka untuk mengatur tempo. Ia melalui set pertama hanya dalam waktu 30 menit.

Nishikori merebut set kedua, mengamankan tiga gim berturut-turut serta mengambil kendali penuh atas momentum permainan. Mantan petenis peringkat empat dunia Nishikori adalah pemenang dua kali di Barcelona pada 2014 dan 2015.

Namun sama seperti saat melawan Ivashka, Nadal terbukti selalu bisa mengendalikan pertandingan pada set penentu. Nadal tak henti-hentinya memberikan tekanan, sementara Nishikori tak berani ambil risiko untuk menyerang balik.

Nadal mengunci kemenangan dan mempertebal catatan kemenangannya atas Nishikori menjadi 12-2.

Pada perempat final, Nadal akan bertemu petenis non-unggulan asal Inggris Camerron Norrie. Norrie baru satu kali menghadapi Nadal, kalah pada putaran keempat Australian Open tahun ini dalam dua set langsung.

Baca juga: Rublev hadapi Sinner pada perempat final Barcelona Open 2021
Baca juga: Djokovic sebut bermain di Beograde lebih emosional
Baca juga: Barty merasa lebih nyaman setelah mendapat vaksin COVID-19

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021