Singapura (ANTARA) - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menunjuk Lawrence Wong, yang disebut-sebut sebagai calon perdana menteri di masa depan, sebagai menteri keuangan baru dalam perombakan kabinet yang luas di Singapura pada Jumat.

Wong, yang merupakan menteri pendidikan Singapura saat ini, adalah di antara sekumpulan tokoh politik muda yang disebut-sebut oleh para analis sebagai calon penerus PM Lee.

Wong menggantikan Heng Swee Keat, yang memilih langkah untuk mungundurkan diri sebagai calon pemimpin negara berikutnya.

Penggantian itu telah membuka kembali perdebatan tentang siapa yang akan menjadi perdana menteri ketika Lee Hsien Long, 69 tahun, pensiun nanti.

Lee, yang telah mengisyaratkan dia akan menunda rencananya untuk pensiun pada usia 70 tahun untuk melihat Singapura berhasil melalui pandemi COVID-19, akan tetap menjabat sampai penggantinya dipilih.

Chan Chun Sing, pesaing lain untuk posisi perdana menteri, diberi posisi sebagai menteri pendidikan. Menteri kesehatan saat ini, Gan Kim Yong, akan menggantikan menteri industri dan perdagangan Chan.

Sementara Ong Ye Kung diangkat menjadi menteri kesehatan, dan akan melepaskan perannya sebagai menteri transportasi.

Perubahan tersebut akan berlaku efektif pada 15 Mei, kata kantor perdana menteri Singapura dalam sebuah pernyataan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Lee Hsien Loong akan rombak kabinet dukung penerusnya
Baca juga: PM Singapura Rombak Susunan Kabinet
Baca juga: Gaji Menteri Singapura Harus Dinaikkan Agar Kabinet Didukung Orang Pintar

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021