Warga Jakpus kini bisa pinjam dan sumbang buku di Taman Lembang

Warga Jakpus kini bisa pinjam dan sumbang buku di Taman Lembang

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma meresmikan rak buku Bookhive Jakarta di Kawasan Situ Lembang, Jakarta, Jumat (23/4/2021). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Bookhive Jakarta memfasilitasi masyarakat untuk bisa meminjam dan menyumbang buku secara sukarela di kawasan Taman Lembang, Jakarta Pusat.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma meresmikan rak buku Bookhive Jakarta yang digagas oleh Farid Hamka, putra dari Jusuf Hamka. Rak buku tersebut terletak di Jalan Lembang Nomor 16, berseberangan dengan Taman Lembang.

"Idenya cukup bagus, ingin memberikan ruang yang luas bagi warga Jakarta, khususnya Jakarta Pusat untuk menumbuhkan minat baca melalui perpustakaan yang diciptakan beliau," kata Dhany di Kawasan Situ Lembang, Jakarta, Jumat.

Bertepatan dengan Hari Buku Sedunia pada 23 April, Bookhive menyediakan rak buku publik, masyarakat bisa mengambil satu buku yang mereka ingin baca. Mereka juga bisa menyumbang buku di rak tersebut.

Penggagas Bookhive Jakarta, Farid Hamka mengatakan, perlunya menyediakan rak baca ini untuk berbagi informasi dan bahan bacaan di luar perpustakaan.

"Konsepnya simple, ambil seperlunya, sumbang semampunya. Kita tahu kadang orang pengin baca tapi kalau ke perpustakaan mungkin bosan. Mereka bisa ambil lalu bawa pulang, atau dibawa ke taman," kata Farid.

Baca juga: Ini guna buku tamu sebagai kebijakan baru PSBB Transisi Jakarta
Baca juga: Jakarta Pusat modrenisasi perpustakaan umum


Sebaliknya, warga yang secara sukarela ingin menyumbangkan buku, hanya tinggal memasukkan buku di dalam rak Bookhive. Waktu operasi rak Bookhive, yakni pukul 06.00-18.00 WIB.

Adapun berbagai buku yang terdapat dalam rak buku Bookhive, yakni novel, buku nonfiksi umum, puisi, buku anak hingga ensiklopedi.

Pemkot Jakarta Pusat berharap gagasan ini dapat diperluas tidak hanya di Kawasan Situ Lembang, tetapi juga taman interaktif lainnya sehingga dapat meningkatkan minat baca warga Jakarta.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Seorang polisi sulap mobil jadi pustaka keliling untuk daerah terpencil

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar