Liga Inggris

Blunder Bernd Leno pastikan Everton bawa tiga poin dari markas Arsenal

Blunder Bernd Leno pastikan Everton bawa tiga poin dari markas Arsenal

Kiper Arsenal Bernd Leno (kanan bawah) melakukan blunder yang berujung gol bunuh diri dalam lanjutan Liga Inggris melawan Everton di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat (23/4/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Regan.

Jakarta (ANTARA) - Blunder krusial yang dilakukan Bernd Leno memastikan Everton membawa pulang tiga poin penuh dari markas Arsenal, seusai mengalahkan tuan rumah 1-0 dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Kiper Arsenal itu gagal mengantisipasi umpan tarik yang dilepaskan Richarlison dan bola tergelincir sebelum melesak ke gawangnya sendiri pada menit ke-76.

Blunder itu membuat satu penyelamatan gemilang yang dilakukan Leno pada menit ke-30 demi menepis tembakan melengkung Richarlison jadi tak berarti apa pun.

Everton juga memiliki peluang lain untuk memimpin lima menit jelang turun minum lewat eksekusi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson yang melesat melewati pagar hidup dan tak terjangkau Leno, tetapi bola masih membentur mistar gawang.

Baca juga: Berbagi poin, perburuan empat besar Everton dan Tottenham terganjal

Sebaliknya, di ujung lapangan yang berbeda, kiper Everton Jordan Pikford tampil relatif apik lewat setidaknya dua penyelamatan penting yang menggagalkan peluang tuan rumah.

Pada menit ke-68, Pickford harus berjibaku melakukan penyelamatan akrobatik demi menepis tembakan akurat yang dilepaskan Dani Ceballos dari luar kotak penalti.

Lantas pada menit ketiga injury time, Pickford dengan cermat menghalau tembakan silang Gabriel Martinelli sembari mencegah Bukayo Saka menyambar bola muntah demi mengunci kemenangan Everton di Emirates.

Drama sempat terjadi pada menit ke-53, ketika Ceballos jatuh dijegal oleh Richarlison di dalam kotak penalti Everton yang awalnya direspon wasit Jonathan Moss dengan menghadiahi tendangan penalti untuk Arsenal.

Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, keputusannya dibatalkan lantaran dalam proses serangan Nicolas Pepe lebih dulu kedapatan terjebak offside.

Baca juga: Gol larut Nketiah selamatkan Arsenal dari kekalahan lawan Fulham

Everton, yang berhasil kembali ke jalur kemenangan setelah lima laga beruntun nirmenang, menjaga posisi mereka di urutan kedelapan klasemen dengan raihan 52 poin, hanya terpaut tiga poin dari empat besar.

Sedangkan Arsenal (49), yang tepat berada satu strip di bawahnya, semakin terancam gagal mencapai zona Eropa klasemen akhir musim, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Di pertandingan selanjutnya, Arsenal akan melawat ke markas Newcastle United pada Minggu (2/5) pekan depan, sehari setelah Everton menjamu Aston Villa di Goodison Park.

Namun, pada Kamis (29/4), Arsenal bakal terlebih dulu terbang ke Spanyol untuk menghadapi Villarreal dalam leg pertama semifinal Liga Europa.

Baca juga: Leicester kembali ke jalur kemenangan saat gasak West Brom 3-0
Baca juga: Bruno Fernandes beri syarat kepada MU untuk perpanjang kontraknya
Baca juga: City taklukkan Villa dalam laga yang berakhir 10 lawan 10

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar