Jakarta (ANTARA News) - Dirut PT Askes (Persero) I Gede Subawa mengatakan beberapa kemajuan dan perubahan strategi yang dilakukan perusahaan guna menunjang pencapaian misi menjadi Spesialis dan Pusat Unggulan Asuransi Kesehatan di Indonesia, antara lain  program kerja yang lebih fokus kepada pelanggan.

Dalam sambutan HUT ke-42 PT Askes di Jakarta, Kamis, Subawa mengatakan, upaya-upaya tersebut juga diwujudkan dalam meminimalisasi atau menghilangkan iur biaya, pemberian hibah ambulance dan alat kesehatan, serta prasarana kesehatan guna peningkatan pelayanan bagi peserta, sistem "real time on line", upaya promotif dan preventif.

HUT ke-42 PT Askes bertemakan "Melayani Pelanggan Melampui Harapan" yang pada tahaun 2010 adalah merupakan tahun terakhir dari periode transformasi, sedang pada 2009 telah ditandai dengan pembentukan anak perusahan "PT Asuransi jiwa Inhealth Indonesia" yang ditugaskan mengelola program asuransi kesehatan komersial.

"PT Askes juga telah melakukan perubahan AD/ART menjadi perseroan "nirlaba" serta membangun sruktur organisasi yang berbasis pada fungsi sehingga lebih fokus untuk mewujudkan visi kita melalui tahun pencitraan sebagai sang spesialis dan pusat unggulan asuransi kesehatan di Indonesia," katanya.

Subawa menegaskan, tahun 2010, PT Askes telah menyepakati sebagai "tahun Pencitraan" dengan motto "Melayani Pelanggan Melampui Harapan" sehingga menjadi motor pengerak semangat bagi setiap "Duta Askes" (karyawan) untuk semakin mendekatkan perusahaan kepada cita-citanya.

Dia mengajak jajaran Duta Askes berkomitmen untuk menumbuhkan sikap saling percaya dalam kerjasam tim yang unggul untuk mewujudkan visi PT Askes menjadi perusahaan yang diakui, dibanggakan dan didambakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kepesertaan PT Askes kini mecapai puluhan juta peserta antara lain berasala dari Askes sosial yaitu PNS, pensiunan PNS, pensiunan TNI/Polri, veteran dan kepesertaan komersial dari perusahaan swasta dan perseorangan. PT Askes memperoleh predikat kinerja wajar tanpa Pengecualian(WTP) ke-18 kali berturut-turut dari Auditor Indipenden dan kinerja sehat Sekali.

Struktur manajemen perusahaan itu akan memangkas beberapa divisi agar terjadi efektivitas kerja serta membuat divisi baru yaitu Divisi Sosial Marketing (External) serta Divisi Promosi Kesehatan. Mengingat Akses menganut sistem managed care maka dirasakan pembentukan Divisi Promosi Kesehatan menjadi sangat penting.

PT Askes juga mempunyai Corporate Social Responsibility. Saat ini bentuk kepedulian yang akan segera terealisasi adalah "Askes Peduli Pendidikan". Kegiatan ini bekerja sama dengan KORPRI, ditujukan bagi anak peserta PNS golongan satu. Hal ini dilakukan mengingat peserta PNS golongan satu memiliki gaji terendah.

I Gede Subawa mengucapkan rasa syukur di Hari Ulag Tahun PT Askes (Persero)ke-42, dan beliau menyerukan kepada seluruh Duta Askes untuk meneruskan perjuangan para "Pahlawan Askes" dalam hal ini para pendiri Askes yang telah terlebih dahulu pergi ke pangkuan Tuhan.(*)
(R009/AR09/brt)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010