Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar waspada pada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diiringi guntur dan angin kencang di wilayah pegunungan di Sumatera Utara.

Selain di wilayah pegunungan, hujan juga berpotensi terjadi di lereng barat dan lereng timur Sumatera Utara pada sore dan malam hari. Demikian keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan, Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang hari berpotensi hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di Wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang di Sumatera Utara

Baca juga: Pekan ketiga April terjadi 27 gempa di Sumbagut


Sore hingga malam hari potensi hujan ringan-lebat berpeluang terjadi di seluruh wilayah Sumatera Utara dan dini hari berawan dan hujan ringan di sebagian wilayah lereng Timur.

Suhu udara 24.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-97 persen, angin berhembus dari Barat Daya- Timur Laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka, bagian utara, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias masuk kategori sedang dengan ketinggian 1.25-2.5 meter.*

Baca juga: BMKG Medan pantau hilal di Pantai Binasi Tapanuli Tengah

Baca juga: BMKG pantau tujuh titik panas di Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021