Formula 1

GP Jepang tetap di Suzuka untuk tiga tahun ke depan.

GP Jepang tetap di Suzuka untuk tiga tahun ke depan.

Ilustrasi - Pebalap Mercedez Valtteri Bottas memacu kecepatannya pada balapan mobil Formula One F1 Japanese Grand Prix di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (13/10/2019). Valtteri Bottas berhasil memenangi balapan tersebut mengungguli Sebastian Vettel (Ferrari) dan rekan setimnya Lewis Hamilton. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Jepang akan tetap digelar di Sirkuit Suzuka untuk tiga tahun ke depan hingga 2024 menyusul perpanjangan kontrak antara Formula 1 dan pemilik sirkuit Mobilityland yang diumumkan pada Sabtu.

"Saya sangat senang Formula 1 akan terus balapan di Sirkuit Suzuka untuk tiga tahun lagi. Jepang memiliki tempat yang spesial di hati dan benak fan F1 d seluruh dunia," demikian pernyataan resmi CEO Formula 1 Stefano Domenicali.

"Dan Suzuka telah menyajikan begitu banyak momen legendaris olahraga ini, dengan 11 titel pebalap ditentukan di sana.

Baca juga: Grand Prix Miami masuk kalender F1 musim 2022
Baca juga: Williams targetkan 100 pitstop di Portugal untuk Kapten Tom Moore


Pada 2022 Sirkuit Suzuka akan merayakan hari jadinya ke-60 dan Jepang memiliki basis fan F1 yang besar, dan talenta muda Yuki Tsunoda saat ini menjadi wakil Jepang di F1, mengikuti jejak Kamui Kobayashi yang terakhir kali tampil di ajang jet darat itu pada 2014.

Sirkuit Suzuka, terletak 50 km barat daya Nagoya, kota terbesar ketiga di Jepang, merupakan salah satu trek favorit para pebalap dan menjadi saksi sejumlah momen bersejarah di F1.

Trek yang desainnya menyerupai angka delapan itu telah rutin masuk kalender F1 sejak pertama kali menggelar Grand Prix Jepang pada 1987, demikian laman resmi F1.

Baca juga: GP Kanada dibatalkan karena pandemi, lapor CBC
Baca juga: Sainz akui belum temukan limit Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar