Pemadaman lampu di beberapa lokasi dilakukan selama satu jam, mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.
Jakarta (ANTARA) - Suasana kawasan Monumen Nasional (Monas) yang berada di Jakarta Pusat, gelap gulita dalam momen peringatan Hari Bumi, Sabtu malam.

Pantauan di lokasi, sejumlah lampu penerangan yang berada di kawasan Monas dan air mancur dipadamkan pada pukul 20.30 WIB.

Baca juga: Hari Bumi, KLHK dorong pasar rakyat terapkan belanja tanpa kemasan

Sementara itu, masyarakat masih belum diperbolehkan untuk memasuki Monas karena masih dalam suasana pandemi. Pengunjung yang datang hanya bisa sampai kantin yang berada di dalam area Monas.

"Sudah setahun enggak boleh masuk," kata Satrio, salah satu petugas keamanan di Monas.

Baca juga: Hari Bumi, ini cara sederhana mengurangi jejak karbon

Tak hanya Monas, lampu penerangan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha yang berada tak jauh dari kawasan Monas juga turut dipadamkan untuk memperingati Hari Bumi.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta melakukan pemadaman lampu di tujuh simbol Kota Jakarta pada Sabtu (24/4) malam, dalam rangka peringatan Hari Bumi.

Pemadaman lampu di beberapa lokasi simbol Kota Jakarta itu dilakukan selama satu jam, mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.

"Memperingati Hari Bumi Sedunia, pada tanggal 24 April 2021 mendatang, Jakarta akan memadamkan lampu di tujuh simbol kota Jakarta, dan titik-titik wilayah lainnya selama satu jam," tulis keterangan unggahan di akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Langkah sederhana mencintai bumi dari rumah

Ketujuh simbol tersebut meliputi Monumen Nasional (Monas) dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan air mancurnya, serta Patung Jenderal Sudirman. Lalu, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Bundaran HI dan air mancurnya, Patung Pemuda dan air mancurnya, serta Patung Pahlawan.

Tak hanya itu, sejumlah lampu titik-titik titik-titik di wilayah Jakarta lainnya juga akan dipadamkan selama satu jam, yaitu Jl. Raya Letnan Suprapto (Cempaka Putih) dan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jl. Yos Sudarso dan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Selanjutnya Jl. Daan Mogot dan Kembangan Raya (Depan Kantor Walikota Jakarta Barat), Jakarta Barat, Jl. Prapanca Raya (Depan Kantor Walikota Jakarta Selatan) dan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jl. Dr. Sumarno (Depan Kantor Walikota Jakarta Timur) dan Raden Inten, Jakarta Timur.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021