Pakai antiperspiran setelah mandi pagi, tepatkah?

Pakai antiperspiran setelah mandi pagi, tepatkah?

Ilustrasi seorang pria menyemprotkan antiprespiran atau deodoran (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu rutinitas perawatan diri yang mungkin Anda lakukan setelah mandi pada pagi hari yakni mengoleskan antiperspiran tepat setelah Anda melepas handuk.

Tetapi sebenarnya, hal ini Anda perlu lakukan pada malam hari, bukannya pagi. Pakar kesehatan kulit di The University of Texas di Austin, S. Tyler Hollmig, mengatakan antiperspiran bekerja paling baik saat diaplikasikan pada kulit yang bersih dan kering.

"Karena kita biasanya berkeringat lebih sedikit di malam hari, mengoleskannya di malam hari sering membantu meningkatkan kemanjuran," kata dia seperti dikutip dari Livestrong, Minggu.

Hollmig menuturkan, kebanyakan antiperspiran berbahan dasar aluminium untuk memblokir saluran keringat dan mengurangi jumlah keringat yang mencapai permukaan kulit.

Namun, bila Anda mengoleskan antiperspiran segera setelah mandi, saat kulit masih lembap bahan di dalam produk akan bercampur dengan keringat sebelum masuk ke kulit.

Itu berarti sumbatan dibuat di atas permukaan kulit bukannya di kelenjar keringat.

Bagaimana dengan deodoran? Produk ini berbeda dengan antiperspiran. Menurut Hollmig, deodoran sebenarnya tidak membantu mengurangi keringat.

Sebaliknya, produk ini menutupi bau dengan menetralkan bakteri atau dengan mengeluarkan aroma yang menyembunyikan bau badan.

Karena ada begitu banyak produk di luar sana - antiperspiran, deodoran, kombinasi, maka sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang Anda butuhkan (keringat atau penghilang atau keduanya).

Bila Anda tak yakin, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu.

Lalu, produk apa yang bisa digunakan usai mandi di pagi hari? Sebenarnya, menggunakan antiperspiran tidak masalah. Anda tidak perlu merasa tertekan untuk mengubah rutinitas Anda.

Sama halnya bila Anda adalah pengguna deodoran. Tidak perlu menggunakan antiperspiran jika produk pembasmi bau badan Anda sudah cukup.

Namun, mungkin ada baiknya mengganti produk dan atau rutinitas Anda apabila apa yang Anda lakukan sekarang tidak bekerja pada tubuh Anda.

Misalnya, bila Anda saat ini menggunakan deodoran tetapi keringat tetap bercururan dari pakaian Anda, pertimbangkan untuk beralih ke produk yang lebih kuat seperti antiperspiran.

Demikian pula, apabila Anda tipe orang yang suka mandi pagi dan harus terus-menerus menggunakan antiperspiran sepanjang hari tetapi produk tidak menghentikan keringat sebagaimana mestinya, cobalah mandi di malam hari, lalu keringkan tubuh secara menyeluruh dan gunakan antiperspiran.



Baca juga: Tips menjaga kulit tetap sehat selama puasa

Baca juga: Khasiat air mawar, anti inflamasi hingga menyegarkan wajah

Baca juga: Tips mencegah pori-pori membesar

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar