Penerbangan masih ada, tetapi sangat terbatas. Penumpang akan diseleksi ketika berangkat, dan diharuskan mendapat ijin
Medan (ANTARA) - Komoditas Operator Penerbangan (AOC) Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) di Deli Serdang, Sumatera Utara, menyebut, bandara setempat tetap melayani penerbangan di masa peniadaan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

"Prinsipnya kami patuh terhadap peniadaan mudik, seperti yang dituangkan dalam addendum SE (Surat Edaran) Ketua Satgas Penanganan COVID-19 No.13/2021," ujar Ketua AOC KNIA, Rahmat Iskandar di Medan, Minggu.

Pihaknya mulai melakukan sosialisasi dengan menginformasikan addendum surat edaran tersebut kepada pelanggan maskapai penerbangan di wilayah Sumatera Utara.


Baca juga: Kualanamu hanya layani penerbangan kargo dan khusus 24 April-1 Juni

Baik pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang dilakukan H-14 menjelang peniadaan mudik pada 22 April - 5 Mei 2021 maupun H+7 setelah peniadaan mudik periode 18 - 24 Mei 2021.

"Penerbangan masih ada, tetapi sangat terbatas. Penumpang akan diseleksi ketika berangkat, dan diharuskan mendapat ijin atau surat keterangan dari kepala desa atau lurah tempat tinggal," katanya.

Ada empat kategori siapa saja yang dibenarkan untuk berangkat, tambahnya, di antaranya dalam rangka tugas/dinas, keluarga sakit, dan kemalangan.


Baca juga: Bandara Syamsudin Noor batasi operasional selama larangan mudik

Baca juga: Bandara Samrat dukung kebijakan larangan mudik Lebaran 2021

Baca juga: Ganjar: 2 bandara baru Jateng batal layani pemudik Lebaran tahun ini


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021