Melbourne (ANTARA) - Batas kedatangan internasional Australia Barat untuk bulan depan akan dikurangi setengahnya, kata para pejabat pada Minggu, ketika negara bagian itu sedang memerangi wabah virus corona yang memaksa lebih dari dua juta orang mengunci diri selama tiga hari mulai Sabtu (24/4).

Penguncian diperintahkan setelah seorang pelancong kemungkinan terinfeksi saat berada di karantina di sebuah hotel dan tanpa sadar menyebarkannya kepada dua orang lain di komunitas tersebut.

Australia menutup perbatasannya lebih dari setahun yang lalu dan sebagian besar hanya mengizinkan warga negara dan penduduk tetapnya untuk kembali. Semua, kecuali dari Selandia Baru, harus menjalani karantina hotel wajib selama dua minggu dengan biaya sendiri.

Sistem karantina hotel, bersama dengan penguncian cepat dan pelacakan cepat yang membatasi virus corona telah membantu Australia menjaga angka COVID-19 tetap rendah dibandingkan dengan negara maju lainnya, dengan lebih dari 29.500 kasus dan 910 kematian.

Kepala Pemerintahan Australia Barat Mark McGowan mengatakan pada Minggu bahwa pemerintah federal telah setuju untuk mengurangi setengah dari tingkat saat ini 1.025 pelancong yang kembali per minggu ke Perth selama setidaknya satu bulan.

"Tingginya jumlah pelancong luar negeri yang kembali menambah tekanan dan tekanan pada sistem karantina hotel kami," kata McGowan pada pengarahan yang disiarkan televisi.

Pada Sabtu, dia mendesak pemerintah federal untuk mencari fasilitas karantina baru dari hotel-hotel di pusat kota yang ramai.

Dengan meningkatnya perselisihan antara Australia Barat dan Canberra, pemerintah federal menegaskan kembali dalam sebuah pernyataan akhir pekan lalu bahwa mereka telah berupaya untuk memperluas fasilitas Howard Springs di Northern Territory.

Mulai Mei, desa bekas pekerja yang tersebar di Howard Springs akan menampung menjadi 2.000 orang dalam dua minggu dan akan bertanggung jawab atas 15% dari semua warga Australia yang kembali. Meskipun ada beberapa kebocoran dari karantina hotel dalam beberapa bulan terakhir di Australia Barat dan negara bagian lain, tidak ada kebocoran di Howard Springs.

Australia Barat melaporkan tidak ada kasus virus corona baru yang didapat secara lokal pada Minggu, tetapi pengujian terhadap ratusan orang masih berlangsung dan McGowan mengatakan masih terlalu dini untuk memprediksi apa yang akan diputuskan pemerintah pada Selasa ketika penguncian di Perth dan wilayah terdekat Peel akan berakhir.
Baca juga: Australia Barat setengah jalan lewati penguncian cepat COVID-19
Baca juga: Waspada COVID-19, KJRI Perth minta WNI tenang dan cermat


Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021