Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah mengatakan empat pilar kebangsaan menjadi modal bagi Indonesia dalam meningkatkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Empat pilar kebangsaan tersebut adalah Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan dapat menjawab tantangan kekinian. Misalnya, bagaimana kita membangun gotong royong dan kepedulian. Coba tengok tetangga kanan dan kiri, jangan sampai ada yang kesusahan atau bahkan tak bisa makan. Mari saling bantu," kata Ferdiansyah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Indonesia fokus perkuat empat pilar pokok
Baca juga: Anggota MPR sebut Empat Pilar Kebangsaan semangat untuk Indonesia emas
Baca juga: MPR gelar Sosialisasi Empat Pilar gunakan kesenian tradisional


Ferdiansyah menyampaikan urgensi empat pilar kebangsaan tersebut di hadapan 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Karsa Husada Garut, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yasa Anggana Garut, pedagang dari Sukaresmi, Garut, dan buruh di Gedung PGRI Tarogong Kidul, Kabupaten Garut beberapa waktu lalu.

Menurut Ferdiansyah, tantangan Indonesia kekinian setidaknya ada dua. Pertama, memulihkan dampak pandemi COVID-19 mulai dari sektor kesehatan, sosial hingga ekonomi. Kedua, makin masifnya perubahan budaya bangsa.

Lebih lanjut, ia mengajak warga untuk membangun ketahanan pangan berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

"Tanam sayuran dan buah-buahan. Budidaya ikan atau kembangkan ternak skala mikro kecil. Ini bisa menjadi jalan bisnis sekaligus memperkuat ketahanan pangan berbasis keluarga," ujar Ferdiansyah yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Barat XI tersebut.

Selain itu, ia juga mengajak warga untuk selalu menjunjung tinggi budaya bangsa.

"Meski berbeda dari sebelumnya, kita tak lagi berjabat tangan dan tatap muka secara langsung tetapi budaya kita gotong royong dan saling membantu itu jangan sampai hilang," ucap Ferdiansyah.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021