Liga Belanda

Ajax "kunci" gelar juara Liga Belanda seusai kalahkan AZ Alkmaar

Ajax "kunci" gelar juara Liga Belanda seusai kalahkan AZ Alkmaar

Gelandang gaek Ajax Davy Klaassen melakukan selebrasi di hadapan suporter seusai mencetak gol keduanya ke gawang AZ Alkmaar dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu (25/4/2021). (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS)

Jakarta (ANTARA) - Ajax "mengunci" gelar juara Liga Belanda seusai mengalahkan AZ Alkmaar 2-0 dalam laga pekan ke-30 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu.

Dua gol yang dicetak Davy Klaassen membuat Ajax yang berada di puncak klasemen kini mengoleksi 76 poin, atau unggul 12 poin atas pesaing terdekat, PSV Eindhoven, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Di atas kertas jarak itu masih bisa dikejar oleh PSV, mengingat musim masih menyisakan empat putaran pertandingan untuk dijalani.

Namun, Ajax punya keunggulan selisih gol surplus 68, 33 buah lebih banyak dibandingkan PSV, sesuatu yang hampir tidak mungkin dikejar.

Dengan situasi tersebut, Ajax butuh mengamankan satu poin saja dari empat pertandingan sisanya untuk betul-betul dinobatkan sebagai juara liga musim ini, mengawinkannya dengan trofi Piala KNVB Beker yang sudah mereka menangi pekan lalu.

Baca juga: Ajax juara Piala KNVB Beker

Pertandingan kontra AZ jadi kali pertama laga kandang Ajax yang dihadiri lagi penonton langsung di Johan Cruijff Arena, menyusul persetujuan regulasi aturan pemerintah setempat, dengan kehadiran sekira 7.500 penonton.

Setelah pertandingan babak pertama Ajax vs AZ berlalu tanpa gol, Klaassen memecah kebuntuan untuk membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-66 lewat sontekannya menyelesaikan umpan kiriman Dusan Tadic.

Empat menit berselang, Tadic hampir menggandakan keunggulan Ajax sayang sundulannya menyambut umpan silang Noussair Mazraoui masih bisa diamankan kiper Marco Bizot.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: dua kemenangan lagi Ajax juara

Enam peluang lain bagi Ajax berlalu, sebelum Klaassen mencetak gol keduanya tepat di pengujung waktu normal lewat tandukannya menyambut umpan sundulan Nicolas Tagliafico dalam situasi sepak pojok demi mengunci kemenangan 2-0 atas AZ.

Di pertandingan selanjutnya, Ajax akan menjamu FC Emmen di Johan Cruijff Arena pada Minggu (2/5) pekan depan, sehari setelah AZ melawat ke markas RKC Waalwijk.

Baca juga: Erik ten Hag syukuri poin-poin mahal yang dikantongi Ajax
Baca juga: Willem kembali ke jalur kemenangan sembari jauhi ancaman degradasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar