Liga Prancis

Lille amankan kembali pucuk klasemen seusai bangkit pecundangi Lyon

Lille amankan kembali pucuk klasemen seusai bangkit pecundangi Lyon

Penyerang Lille Burak Yilmaz (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol penentu kemenangan atas Olympique Lyon dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (25/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Philippe Desmazes)

Jakarta (ANTARA) - Lille mengamankan kembali pucuk klasemen Liga Prancis seusai bangkit dari ketertinggalan dan mempecundangi tuan rumah Olympique Lyon dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Groupama, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kemenangan itu membuat Lille mengoleksi 73 poin dan kembali menduduki pucuk klasemen, setelah sempat digusur oleh Paris Saint-Germain (72) sehari sebelumnya.

Sedangkan bagi Lyon yang tertahan di peringkat keempat, kekalahan itu boleh jadi menyudahi kans mereka dalam perburuan gelar juara, sebab mereka kini tertinggal enam poin dari Lille, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Lyon memulai pertandingan dengan mendominasi permainan dan memimpin pada menit ke-20 ketika Islam Slimani menyelesaikan umpan kiriman Maxence Caqueret.

Lille berusaha mencetak gol balasan pada menit ke-32, tetapi tembakan Jonathan David dari tengah kotak penalti mampu diamankan oleh kiper Anthony Lopes.

Tiga menit kemudian tuan rumah justru mampu menggandakan keunggulan setelah kapten Lille Jose Fonte berusaha mengantisipasi tendangan bebas Leo Dubois, tetapi langkahnya itu malah mengecoh kiper Mike Maignan dan berujung jadi gol bunuh diri.

Fonte berusaha membayar kesalahannya pada menit ke-41 dalam situasi sepak pojok, sayang sundulannya menyambut umpan silang Domagoj Bradaric masih melesat di sisi kiri gawang.

Pada menit pertama injury time Lille sukses memperkecil ketertinggalan mereka jadi 1-2 saat Burak Yilmaz mencetak gol dari eksekusi tendangan bebasnya yang melewati pagar hidup Lyon dan bersarang ke pojok kiri atas gawang tuan rumah.

Baca juga: PSG rebut puncak setelah pecundangi Metz

Di babak kedua, Lille ganti bermain lebih agresif dan terus berusaha membombardir pertahanan tuan rumah. Kerja keras mereka membuahkan hasil pada menit ke-60 ketika David memanfaatkan umpan Yilmaz untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Tujuh menit berselang, Lyon hampir merestorasi keunggulan mereka sayang tembakan Thiago Mendes bisa ditepis oleh Maignan dan sepak pojok yang dihasilkan berakhir dengan sundulan Karl Toko Ekambi yang masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Kedua tim terus saling jual beli serangan hingga akhirnya pada menit ke-85 Yilmaz mencetak gol keduanya untuk menuntaskan kebangkitan Lille yang berbalik memimpin 3-2 atas Lyon.

Semenit jelang bubaran bek sayap Reinildo melakukan aksi gemilang dengan menghalau bola tandukan Maxwel Cornet di muka gawang Lille, demi mengunci tiga poin penuh bagi tim tamu.

Di pertandingan selanjutnya, Lille akan menjamu OGC Nice pada Sabtu (1/5) dalam upaya memperbaiki tren nirmenang tiga laga beruntun di Stadion Pierre-Mauroy.

Sehari kemudian, Lyon bakal berusaha menjaga asa juara mereka saat melawat ke Stadion Louis II menghadapi tim empat besar lainnya, AS Monaco.

Baca juga: Wissam Ben Yedder bawa Monaco naik ke posisi kedua
Baca juga: Rennes kirim Dijon terdegradasi ke kasta kedua Liga Prancis
Baca juga: Brest kembali ke jalur kemenangan saat pecundangi Saint-Etienne

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Teras restoran dibuka kembali di Prancis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar