Jakarta (ANTARA) - Lille terus memimpin perebutan gelar juara Liga Prancis yang masih berlangsung sengit hingga rangkaian laga pekan ke-34 berakhir.

Juara bertahan Paris Saint-Germain sempat mengambil alih posisi puncak klasemen setelah main lebih awal pada Sabtu (24/4) dan menang 3-1 di markas Metz disokong dwigol Kylian Mbappe serta tendangan penalti panenka Mauro Icardi.

Tekanan kepada Lille lantas datang dari AS Monaco, yang menyodok ke posisi kedua setelah menang tipis 1-0 dalam lawatan ke kandang Angers pada Senin dini hari WIB.

Namun sekira dua jam berselang, Lille mampu mengorkestrasi kebangkitan dari ketertinggalan dua gol jadi kemenangan 3-2 atas Olympique Lyon saat menyambangi Stadion Groupama.

Baca juga: Lille amankan kembali pucuk klasemen seusai bangkit pecundangi Lyon

Hasil-hasil itu membuat Lille kembali mengamankan posisi puncak klasemen dengan raihan 73 poin, unggul satu poin atas PSG dan dua poin dari Monaco.

Sedangkan Lyon yang tertahan di peringkat keempat, agaknya perlahan tercecer dari persaingan gelar juara, sebab mereka kini tertinggal tujuh poin dari Lille.

Kendati demikian, perburuan gelar juara masih terbuka lebar bagi tim-tim penghuni empat besar itu mengingat musim masih menyisakan empat pertandingan lagi untuk dijalani.


Dijon terdegradasi

Sementara itu di ujung klasemen yang berbeda, Dijon yang menghuni posisi juru kunci dipastikan terdegradasi ke kasta kedua setelah menelan kekalahan telak 1-5 di markas Rennes pada Minggu malam tadi.

Kekalahan itu membuat Dijon gagal memangkas jarak 13 poin dari zona aman dan dengan empat pertandingan sisa musim ini, mereka secara maksimal hanya bisa meraih 12 poin tambahan lagi.

Baca juga: Rennes kirim Dijon terdegradasi ke kasta kedua Liga Prancis

Sementara itu, Nantes mampu meninggalkan zona degradasi langsung setelah menang 2-1 di markas Strasbourg.

Kemenangan Nantes berbarengan dengan kekalahan 1-2 yang diderita Nimes di kandang RC Lens.

Kedua hasil itu membuat Nantes naik ke urutan ke-18, bertukar tempat dengan Nimes, berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 31 poin.

Di sisi lain, Brest dan Lorient yang menang pekan ini berhasil memperbesar kans menghindari ancaman degradasi.

Brest yang menang 2-1 di markas AS Saint-Etienne pada Sabtu (24/4) naik ke urutan ke-13 dengan koleksi 40 poin serta memperlebar jarak aman sembilan poin dari zona merah.

Sedangkan Lorient tak beranjak dari bibir jurang degradasi kendati melumat Bordeaux 4-1 pada Minggu (25/4) malam tadi, tetapi mereka kini punya jarak aman empat poin dari zona merah.

Baca juga: Brest kembali ke jalur kemenangan saat pecundangi Saint-Etienne

Berikut hasil lengkap Liga Prancis pekan ke-34 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (24/4) dini hari
Reims 1 - Marseille 3 (Nathanael Mbuku 38'; Dimitri Payet 41', 74', Arkadiusz Milik 45+2') Baca juga: Marseille naik posisi kelima selepas menang atas 10 pemain Reims

Sabtu (24/4) malam
AS Saint-Etienne 1 - Brest 2 (Wahbi Khazri 11'; Gaetan Charbonnier 66', 79')
Metz 1 - Paris Saint-Germain 3 (Fabian Centonze 46'; Kylian Mbappe 4', 59', Mauro Icardi p-89') Baca juga: PSG rebut puncak setelah pecundangi Metz

Minggu (25/4) malam s.d. Senin (26/4) dini hari
OGC Nice 3 - Montpellier 1 (Hichem Boudaoui 6', Jean-Clair Todibo 39', Alexis Claude-Maurice 40'; Gaetan Laborde 3')
Rennes 5 - Dijon 1 (Martin Terrier 15', 71', Flavien Tait 72', Gerzino Nyamsi 81', Clement Grenier 90+2'; Yassine Benzia p-9')
Lorient 4 - Bordeaux 1 (Yoane Wissa 18', Terem Moffi 20', 43', 80'; Issouf Sissokho 83')
RC Lens 2 - Nimes 1 (Ignatius Ganago 17', Massadio Haidara 76'; Zinedine Ferhat p-52')
Strasbourg 1 - Nantes 2 (Ludovic Ajorque 43'; Jean-Charles Castelletto 53', Ludovic Blas 76')
Angers 0 - AS Monaco 1 (Wissam Ben Yedder 79') Baca juga: Wissam Ben Yedder bawa Monaco naik ke posisi kedua
Olympique Lyon 2 - Lille 3 (Islam Slimani 20', Jose Fonte bd-35'; Burak Yilmaz 45+1', 85', Jonathan David 60')

Klasemen Liga Prancis

Keterangan:
[D] sudah dipastikan terdegradasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021