Jakarta kemarin, tumpahan minyak hingga kerjasama pangan DKI

Jakarta kemarin, tumpahan minyak hingga kerjasama pangan DKI

Ilustrasi - Kegiatan pembersihan minyak di pesisir Karawang. ANTARA/HO-Aspri/am.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta dan sekitarnya dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (25/4) dan masih layak dibaca untuk mengisi awal hari Senin ini.

Mulai dari informasi mengenai tumpahan minyak di Untung Jawa Kepulauan Seribu, Jakarta yang berniat menambah jumlah pohon sebanyak 200 ribu lagi hingga 2022 mendatang, sampai informasi mengenai kerjasama bidang pangan antara DKI Jakarta dengan daerah lainnya.

Berikut rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Minggu (25/4):

1. Tumpahan minyak cemari perairan Untung Jawa Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Limbah tumpahan minyak (oil spill) yang mencemari perairan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Masalah sudah dilaporkan Lurah Supriyadi kepada pihak terkait.

"Mudah-mudahan cepat direspons bang, sebab jadi langganan di setiap tahun terkirimnya limbah 'oil spill' di Pulau (Untung Jawa)," kata Supriyadi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Ahad.

Selengkapnya di sini.

2. Seni Topeng Betawi jadi sarana penyampai pesan pandemi yang menghibur

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo DKI Jakarta Nuruning Septarida menilai pagelaran kesenian tradisional topeng Betawi dapat menjadi sarana penyampaian pesan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi yang efektif kepada masyarakat.

Ia mengatakan pertunjukan rakyat bermuatan nilai-nilai lokal seperti topeng Betawi itu memiliki kemampuan menghibur sehingga informasi mengenai program dan kebijakan pemerintah yang disampaikan kepada masyarakat bisa menjangkau publik dengan tepat sasaran.

"Sebagai kesenian rakyat, sarana penyampaian informasi dan pesan soal pandemi model ini menjadi efektif sekaligus menghibur," ujar Nuruning dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Ahad.

Selengkapnya di sini.

3. Danau Sunter 2 masih diminati warga Jakarta untuk ngabuburit

Jakarta (ANTARA) - Warga Jakarta masih meminati Danau Sunter 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai tempat untuk menunggu berbuka puasa atau ngabuburit di akhir pekan.

Tepat pukul 16.57 WIB petang, sejumlah pengunjung sudah bertebaran membawa keluarga kecilnya untuk sekedar duduk di pinggir danau atau menaiki sepeda air berbentuk bebek (sepeda bebek).

"Ayo nomor 22 waktunya sudah habis, segera merapat ke dermaga karena waktunya 20 menit saja," demikian penjaja sepeda bebek dari pengeras suara yang terdengar di sekitar danau itu di Jakarta Utara, Minggu.

Selengkapnya di sini.

4. DKI telah tanam 70.880 pohon tambahan sejak 2019

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta telah menanam total sebanyak 70.880 pohon tambahan sejak 2019 sebagai bagian dalam program penanggulangan dampak perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030.

"Sejak 2019, hingga saat ini telah ditanam total 70.880 pohon, terdiri dari 23.584 pohon dan 47.296 mangrove," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. Pergub 24/2021 beri kepastian perlindungan pohon di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pohon, memberi peningkatan kepastian perlindungan pohon di Jakarta.

Hal itu, kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati, di Jakarta, Minggu, karena peraturan ini telah melalui perencanaan yang matang dan kolaboratif bersama World Resource Institute (WRI) Indonesia serta dalam pelaksanaannya dibuka masukan dari masyarakat Jakarta dan organisasi-organisasi masyarakat sipil.

"Masyarakat diberikan ruang untuk berperan dalam pengelolaan dan perlindungan pohon, seperti penyediaan lokasi tanam, penyediaan pohon, pemeliharaan pohon, pendataan pohon, memberikan informasi terkait kondisi pohon rawan tumbang, pendidikan dan penelitian," kata Suzi.

Selengkapnya di sini.

6. Pemprov DKI - Ngawi kerja sama kekuatan pangan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur jalin kerja sama untuk mencapai kekuatan pangan di kedua daerah, Minggu.

Kerja sama pertanian antardaerah tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Bupati Ngawi Ony Anwar dan disaksikan langsung Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis di Jakarta, mengatakan kerja sama itu diperlukan DKI Jakarta karena 99 persen kebutuhan pangan di Ibu Kota dipasok dari luar Jakarta.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar