Jerman akan kirim oksigen, bantuan medis ke India

Jerman akan kirim oksigen, bantuan medis ke India

Seorang anggota keluarga memakai alat pelindung diri (APD) di sebelah jenazah seorang wanita, yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (COVID-19) sebelum dikremasi, di krematorium, New Delhi, India, Sabtu (24/4/2021). REUTERS/Adnan Abidi/AWW/djo (REUTERS/ADNAN ABIDI)

Gelombang kedua saat ini sedang menggulung India dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya
Berlin (ANTARA) - Jerman akan mengirim oksigen dan bantuan medis ke India dalam beberapa hari mendatang untuk membantu India mengatasi krisis COVID-19, kata Menteri Luar Negeri Heiko Maas pada Senin.

India menderita lonjakan infeksi virus corona, dengan jumlah kasus melonjak sebesar 349.691 dalam 24 jam terakhir, rekor puncak hari keempat berturut-turut.

Rumah sakit menolak pasien setelah kehabisan oksigen medis.

"Gelombang kedua saat ini sedang menggulung India dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Memang benar bahwa kami bertindak cepat untuk menghentikan masuknya mutasi baru di Jerman," kata Maas kepada surat kabar Rheinische Post.

Baca juga: PM Modi mengaku terguncang oleh "badai" COVID-19
Baca juga: Kasus COVID-19 India capai rekor baru global, AS siap bantu


Jerman telah mengklasifikasikan India sebagai daerah dengan insiden virus corona yang tinggi dan juga menempatkan negara itu dalam daftar peringatan terpisah untuk varian virus corona.

Mulai Senin dan seterusnya, warga Jerman yang tiba dari India hanya akan diizinkan memasuki negara dengan hasil tes negatif dan kemudian harus memulai karantina selama 14 hari.

Wisatawan asing yang datang dari India tidak lagi diizinkan masuk ke Jerman.

Mass mengatakan Jerman akan melakukan yang terbaik untuk membantu India mengatasi keadaan darurat.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan Jerman mengatakan kementerian luar negeri telah meminta militer untuk menyediakan fasilitas produksi oksigen serta dukungan untuk mengangkut barang darurat dan bantuan lainnya ke India.

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Minggu menyatakan "simpatinya atas penderitaan yang mengerikan" yang dibawa oleh pandemi ke India.

"Jerman bersama dalam solidaritas dengan India dan sedang mempersiapkan misi dukungan," kata Merkel dalam sebuah pernyataan.

Komisi Eropa juga mengatakan akan mengirim oksigen dan obat-obatan ke India setelah menerima permintaan dari Delhi.

Inggris dan Amerika Serikat juga mengirimkan bantuan termasuk peralatan medis.

Sumber : Reuters

Baca juga: Pemerintah cegah masuknya semua pejalan dari India
Baca juga: Italia batasi perjalanan dari India karena varian COVID

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pelajar hingga disabilitas di Kota Cirebon jalani vaksinasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar