Doni Monardo ajak masyarakat tingkatkan budaya sadar bencana

Doni Monardo ajak masyarakat tingkatkan budaya sadar bencana

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana secara virtual, Senin (26/4/2021). (ANTARA/HO-BNPB)

Kenali ancaman bencana di sekitar kita
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak masyarakat meningkatkan budaya sadar bencana, di Hari Kesiapsiagaan Bencana .

"Mari kenali ancaman bencana di sekitar kita. Pahami tingkat risiko bencananya dan tingkatkan budaya sadar bencana agar kita bisa mengurangi korban jiwa dan kerugian harta benda," ujar Doni dalam pesan videonya yang diterima di Jakarta, Senin.

Tak lupa Doni mengingatkan agar masyarakat berlatih evakuasi mandiri ke tempat terdekat bila terjadi bencana.

Dengan tagline "Siap untuk Selamat," dan serta mengusung tema "Latihan membuat kita selamat dari bencana" Doni pun mengajak seluruh komponen masyarakat turut serta berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Jari Kesiapsiagaan Bencana menyalakan sirine, lonceng dan kentongan serentak pukul 10.00 WIB.

Baca juga: BNPB targetkan 50 juta orang ikut simulasi kesiapsiagaan bencana

Baca juga: Perempuan "guru" pertama untuk kesiapsiagaan bencana

Harapannya, masyarakat menyadari pentingnya mitigasi kebencanaan mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar untuk keselamatan bersama.

Selain itu juga peran masyarakat sebagai "Agent Of Chance" dapat mengambil keputusan yang tepat untuk membangun lingkungan yang lebih tangguh dalam menghadapi bencana.

BNPB menekankan, keluarga menjadi ruang pembelajaran sejak dini dalam membangun ketangguhan. Hal ini tidak terlepas dari pengetahuan dan latihan kebencanaan yang dilakukan.

Melalui praktek atau latihan, setiap anggota keluarga diharapkan dapat belajar dan memahami risiko yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

BNPB mengawali Hari Kesiapsiagaan Bencana sejak 2017. Setiap tahun peserta dari organisasi dan masyarakat terus meningkat. Di samping itu, BNPB berharap setiap keluarga di seluruh Indonesia dapat melakukan latihan dan mengusung jargon #SiapUntukSelamat.

Baca juga: Cilacap jadi tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021

Baca juga: Kemen PPPA petakan kebutuhan perempuan dan anak dalam tanggap bencana

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Doni Monardo serahkan jabatan Kepala BNPB pada Ganip Warsito

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar