Karawang (ANTARA News) - Danau Cipule di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang akan menjadi tempat pertandingan cabang olahraga dayung pada SEA Games 2011 masih dalam perbaikan dan diharapkan bisa selesai pada Oktober 2011.

"Sejak jauh-jauh hari sampai sekarang, masih dilakukan perbaikan danau Cipule oleh BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum bersama pemerintah daerah Karawang," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang, Aries Suparno, kepada ANTARA News di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, danau Ciplue yang akan menjadi lokasi pertandingan dayung saat ini sedang direnovasi. Rencananya, di danau tersebut akan ada lintasan sepanjang 2.850 meter, sebagai arena pertandingan cabang olahraga dayung pada SEA Games nanti.

"Mudah-mudahan renovasinya bisa segera selesai. Maksimal pada September atau Oktober 2011 nanti renovasi danau Cipule selesai. Sehingga, pada Desember 2011 bisa digunakan sebagai arena dayung SEA Games," kata Aries.

Dikatakannya, Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) sebelumnya telah mengusulkan danau Cipule sebagai salah satu "venue" atau tempat penyelenggaraan pertandingan dayung pada SEA Games 2011.

Karena itu, danau tersebut saat ini tengah dalam renovasi. Khusus anggaran renovasi danau Cipule dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebanyak Rp3,5 miliar. Selain itu, ada pula anggaran yang bersumber dari BBWS Citarum dalam melakukan renovasi danau Cipule.

Menurut Aries, danau Cipule yang akan menjadi arena pertandingan cabang olahraga dayung pada SEA Games 2011 cukup tepat. Karena terdapat dua akses masuk untuk tiba di danau tersebut.

Dua akses tersebut ialah dengan melalui Jalan Kosambi dari Purwakarta dan melalui Bendung Walahar, Karawang.

Tetapi, jalan raya di sekitar Bendung Walahar tidak bisa dilewati kendaraan besar, karena kondisi jalannya cukup sempit. Dengan demikian, kendaraan besar harus melewati jalan Kosambi.

Selain Karawang, ada pula daerah lain yang menjadi lokasi pertandingan olahraga pada SEA Games nanti, yakni Bandung (Jawa Barat), DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Tengah.
(T.KR-MAK/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010