Masih tersisa dua pasang kepala daerah lagi yang menunggu giliran untuk dilantik
Manokwari (ANTARA) - Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan melantik pasangan bupati dan wakil bupati Kaimana, Fakfak, dan Sorong Selatan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020.
 
Pelantikan tiga pasangan kepala daerah periode 2021-2026 itu dilakukan secara langsung dengan penerapan protokol kesehatan bertempat di Gedung Auditorium PKK Provinsi Papua Barat, di Manokwari, Senin.
 
Pada acara pelantikan itu, Gubernur Papua Barat berpesan kepada masing-masing kepala daerah agar utamakan pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19.
 
Gubernur juga menekankan, agar para kepala daerah bertanggung jawab dengan amanah yang diemban, terutama dalam hal pemberantasan korupsi sebagaimana pakta integritas yang telah ditandatangani bersama.
 
"Segera tindaklanjuti upaya pencegahan serta penanggulangan COVID-19 di daerah. Ciptakanlah lingkungan kerja yang sadar hukum dalam kaitannya dengan upaya pemberantasan korupsi di masing-masing daerah," kata Gubernur.
 
Ia juga menjelaskan bahwa pelantikan tiga pasangan kepala daerah tersebut merupakan pelantikan gelombang kedua di provinsi itu, setelah pelantikan gelombang pertama terhadap empat pasangan kepala daerah, yaitu Manokwari, Raja Ampat, Manokwari Selatan, dan Pegunungan Arfak.
 
"Masih tersisa dua pasang kepala daerah lagi yang menunggu giliran untuk dilantik, yakni Kabupaten Teluk Bintuni dan Teluk Wondama," katanya pula.
 
Gubernur menambahkan bahwa pelantikan bupati dan wakil bupati Teluk Bintuni akan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan.
 
"Untuk pelantikan kepala daerah pemenang PSU Teluk Wondama masih menunggu proses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," kata Gubernur Papua Barat itu pula.
Baca juga: Tiga daerah Papua Barat disarankan jadi fokus pengendalian COVID-19
Baca juga: Satu bakal calon bupati di Papua Barat jalani isolasi mandiri

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021