Uhamka buka pendaftaran fakultas kedokteran melalui jalur PMDK

Uhamka buka pendaftaran fakultas kedokteran melalui jalur PMDK

Wakil Dekan I FK Uhamka, dr Bety Semara Lakhsmi MKM. (ANTARa/HO-dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (FK Uhamka) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK).

“Calon mahasiswa tidak lagi mengikuti tes kemampuan akademiknya, namun tetap harus melalui psikotes dan tes kesehatan yang merupakan bagian dari seleksi yang berlaku di FK Uhamka. PMDK ini mempertimbangkan nilai rapor dari kelas 1 sampai kelas 3 dengan nilai pada mata pelajaran Biologi, Kimia, dan Bahasa Inggris besar sama dengan 8,5 bagi murid SMA kelas 12,” ujar Wakil Dekan I FK Uhamka, dr Bety Semara Lakhsmi MKM, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Selain melalui jalur PMDK, calon mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan di FK Uhamka dapat menempuh melalui jalur pasca-SBMPTN. Syaratnya, menggunakan hasil Ujian Terpadu Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan tim rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru.

Bagi calon mahasiswa yang tidak lolos kedua jalur tersebut di atas yaitu PMDK dan pasca-SBMPTN bisa melalui jalur tes reguler dengan ujian berbasis komputer sebagai metode seleksi utama. Kuota penerimaan mahasiswa tahun ajaran 2021/2022 sedang diajukan penambahan menjadi 100 mahasiswa ke Ditjen Dikti karena telah resmi terakreditasi B sejak November 2020.

“Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah mahasiswa dan meningkatkan mutu pembelajaran kami sudah menyiapkan SDM dosen dari seluruh disiplin ilmu kedokteran, baik ilmu dasar, sains klinis, kesehatan publik, dan juga kesehatan kerja yang menjadi unggulan dari FK Uhamka,” jelas dia.

Baca juga: FK Uhamka digandeng KSP lakukan tes usap pegawai

Untuk sarana laboratorium ditempatkan di lantai tiga dan empat agar memberi keleluasaan dosen dan mahasiswa melakukan praktikum maupun penelitian sesuai bidang ilmu.

Pada masa pandemi COVID-19, FK Uhamka tetap mengadakan pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasiskan pada permasalahan dengan strategi pendekatan student centered, problem based, integrated teaching, community oriented, early clinical exposures dan self directed learning (SPICES).

Metode itu menuntut keaktifan mahasiswa untuk belajar keterampilan klinik atau CSL dengan "setting" sama seperti di ruang pemeriksaan dokter secara luring dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Sarana asrama yang diperuntukkan untuk mahasiswa tahun pertama bertujuan agar proses pembentukan karakter tetap diprioritaskan,” terangnya.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, FK Uhamka membuka empat gelombang dengan waktu sampai Agustus 2021. Pendaftaran bisa dilakukan daring dari rumah.

“Informasi terkait pendaftaran mahasiswa baru dan perkembangan kampus bisa diikuti melalui kanal sosial media FK Uhamka, baik via Instagram, Facebook, Telegram Channel, Tiktok, maupun Twitter,” terang dia.

Baca juga: Uhamka selenggarakan Gebyar Ramadhan yang diikuti peserta luar negeri
Baca juga: LAM PT-Kes berikan akreditasi B untuk FK Uhamka
Baca juga: Uhamka kerja sama pendidikan dengan tiga universitas di Uzbekistan


Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Risqi Nabila, gadis 15 tahun yang diterima di Kedokteran Unair

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar