Saya berharap itu nanti (pertandingan sepak bola) tidak sehambar ini. Akan lebih seru kalau ada penonton
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap kompetisi Piala Menpora 2021 menjadi awal kebangkitan sepak bola nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Ya, ini saya harap menjadi titik awal kebangkitan sepak bola nasional kita. Dan saya kira sebagai bentuk prototipe, Piala Menpora 2021 sudah sangat bagus. Terutama dalam kepatuhan protokol kesehatan," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Antara, Senin.

Ke depan, katanya, masih perlu dirancang kesiapan protokol kesehatan yang tepat apabila penonton dan suporter sudah boleh hadir di stadion.

Baca juga: Persija Jakarta juara Piala Menpora

"Tinggal bagaimana nanti (penyelenggara) merancang protokol kesehatan untuk penonton kalau nanti pertandingan sudah diperbolehkan ada penonton," kata Muhadjir yang menyaksikan laga final leg kedua Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Minggu malam.

Dia berharap, pertandingan sepak bola berikutnya bisa menghadirkan penonton di stadion, serta tetap sukses menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Saya berharap itu nanti (pertandingan sepak bola) tidak sehambar ini. Akan lebih seru kalau ada penonton. Karena sepak bola tanpa penonton seperti makan tanpa garam," kata Muhadjir Effendy.

Baca juga: Polisi amankan 10 oknum bobotoh yang ricuh di depan kantor Persib

Pertandingan yang mempertemukan Persija dan Persib berlangsung dengan tempo cukup lambat sejak wasit meniup peluit babak pertama. Persija dan Persib pun sangat berhati-hati dalam jual beli serangan.

Hasil akhir pertandingan, Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung. Hasil ini mengantarkan Persija mengangkat trofi Piala Menpora 2021 dengan agregat sangat meyakinkan 4-1, lantaran tim Macan Kemayoran menang 2-0 atas Persib pada leg pertama.

Selain disaksikan oleh Menko PMK, hadir pula Menpora Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum PSSI Mochammad Iriawan, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyaksikan langsung laga tersebut.

Muhadjir berkesempatan menyerahkan medali perak kepada para pemain dan ofisial Persib Bandung yang merupakan runner-up Piala Menpora 2021.

Baca juga: Menpora minta Polri tindak oknum suporter Persija-Persib
Baca juga: Menpora optimistis liga berjalan meski ada insiden suporter

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021