AHY: Ulama dan pemimpin harus bersatu bangun bangsa

AHY: Ulama dan pemimpin harus bersatu bangun bangsa

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berdialog dengan Ketua MUI Palu Prof KH Zainal Abidin MAg, dalam buka puasa bersama ramadhan di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengemukakan ulama, para tokoh agama dan para pemimpin harus bersatu padu untuk membangun bangsa Indonesia.

"Ulama dan umarah harus dekat, harus bersatu menyelesaikan masalah yang dihadapi bangsa," ucap Agus Harimurti Yudhoyono di Palu, Senin.

Agus Harimurti Yudhoyono bersama rombongan DPP Demokrat buka puasa bersama para tokoh agama Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk menjaring masukan dan nasehat para tokoh agama, di Palu, Senin.

Baca juga: Agus Yudhoyono temui Ketua Utama Alkhairaat untuk minta nasehat

Demokrat menghadirkan para tokoh agama dari 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng, dalam buka puasa bersama itu. Selain itu, juga hadir Ketua MUI Palu Prof KH Zainal Abidin MAg, Sekretaris MUI Provinsi Sulteng Sofyan Bachmid, Pengurus Besar Alkhairaat Habib Hasan Alhabsyi, Pengurus NU Provinsi Sulteng KH Abdullah Latopada, pengurus Muhammadiyah Sulteng.

"Ini kedatangan saya yang ketiga kalinya di Sulteng. Kami ingin dekat dengan para ulama, para tokoh agama dari semua agama," kata Agus.

Di hadapan para tokoh agama, Agus menyampaikan pesan Susilo Bambang Yudhoyono bahwa ulama dan umarah harus dekat dan bersatu.

Kata dia, ulama dan umarah harus dekat dari sisi emosional dan pikiran. Hal itu agar dapat menyatukan persepsi dan langkah dalam membangun bangsa.

Baca juga: AHY dan Ketua Umum PP Muhammadiyah bertemu bahas empat hal

"Karena masalah dalam negara ini sangat kompleks yang membutuhkan fikiran dari ulama, untuk menghadirkan solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa," ujarnya.

Maka, ujarnya, perlu bersinergi antara tokoh agama, ulama dan para pemimpin menjadi hal yang sangat penting.

Kunjungan Agus Yudhoyono ke Sulteng merupakan rangkaian kegiatan bertajuk safari Ramadhan. Sebelum ke Palu, Agus bersama rombongan telah melakukan safari di Aceh dan Kalimantan. Dari Palu, Agus akan melanjutkan perjalanan safari Ramdhan ke Kupang di NTT dan Lombok di NTB.

"Ini adalah bagian dari perjalanan kami, kami bersama rombongan yang tidak banyak ini. Untuk menyapa masyarakat, para tokoh agama," ujarnya.

Dalam buka puasa bersama itu, Agus juga menyerahkan santunan secara simbolis kepada sembilan panti asuhan di wilayah Sulteng.

Baca juga: Mahfud sebut AHY adalah kepengurusan Partai Demokrat yang resmi
 
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan santunan secara simbolis kepada sembilan panti asuhan dalam buka puasa bersama ramadhan di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)


 
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berdialog dengan Ketua MUI Palu Prof KH Zainal Abidin MAg, dalam buka puasa bersama ramadhan di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Habibie Wafat - Keluarga Yudhoyono turut berduka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar