Mengenal jejak islam di Spanyol lewat menu khas Al-Andalus

Mengenal jejak islam di Spanyol lewat menu khas Al-Andalus

Al-Andalus di Mare Nostrum. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Jejak Islam di Spanyol bisa Anda rasakan lewat pengalaman menyantap menu khas Al-Andalus, menu Ramadhan baru di restoran Mare Nostrum Jakarta.

Spanyol yang dahulu dikenal dengan sebutan Al-Andalus merupakan jalur utama Islam masuk ke benua Eropa.

Dengan beribukota di Granada, bangsa Arab atau yang dikenal dengan sebutan bangsa Moor mulai meninggalkan jejak tradisi Islam di wilayah Spanyol dan sekitarnya. Jejak tradisi ini bisa dilihat melalui berbagai bangunan terkenal di wilayah selatan Spanyol, serta makanan khasnya.

Baca juga: Coba masakan dari chef Maroko di pekan pertama Ramadan

Baca juga: Mencicipi sepiring nostalgia ala Belanda di Keuken Van ElsjeBandung


“Budaya Islam itu sangat erat kaitannya dengan Spanyol, namun tidak banyak orang yang tahu itu. Saya rasa bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkannya kembali. Semoga dengan adanya menu khas Al-Andalus ini, Anda memiliki lebih banyak opsi hidangan untuk menikmati saat berbuka puasa bersama keluarga,” kata Marc Mallolas Castro, Managing Partner Mare Nostrum Jakarta, dalam siaran resmi, Selasa.
Al-Andalus di Mare Nostrum (ANTARA/HO)


Untuk mengenalkan jejak Islam di Spanyol tersebutlah, di bulan Ramadhan ini Mare Nostrum Jakarta menggandeng para Michelin-chef peraih penghargaan World’s 50 Best Restaurant asal Barcelona, Eduard Xatruch, Oriol Castro, dan Mateu Casañas, Mare Nostrum Jakarta menciptakan kreasi menu khas Al-Andalus yang diberi nama Menu Alhambra.

Paket menu khas Al-Andalus ini terdiri dari berbagai jenis hidangan, yaitu Tempura Dates, buah kurma yang digoreng dengan bumbu racikan spesial sehingga tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy, Morrocan Tea with Tangerine. Tentunya teh yang satu ini bukanlah teh biasa.

Campuran tangerine espuma-nya menjadikan manisnya pas untuk minuman berbuka puasa, Cod Buñuelos with Honey Air, santapan gorengan dari bahan ikan kod yang kaya gizi dengan tambahan busa madu yang unik.

Double Texture Endive with Dates and Parmesan, menu salad favorit di Mare Nostrum Jakarta, yang kali ini dikombinasikan dengan buah kurma, menjadikan rasanya campuran antara manis dan gurih. Lamb Al-Andalus, daging domba yang dimasak dengan teknik dan resep asli dari Spanyol dan disajikan dengan roti naan, serta Pandan Flan, hidangan penutup yang terbuat dari daun pandan.

Baca juga: Mengakhiri puasa dengan hidangan ikan pari

Baca juga: Mampir ke Drumstairs, restoran barbeque ala Korea halal milik Rossa

Baca juga: GOODS BURGER buka outlet khusus untuk "takeaway & delivery"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

COVID-19 melonjak, pemerintah ketatkan jam ruang publik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar