AS turunkan peringkat peringatan perjalanan ke Israel ke Tingkat 3

AS turunkan peringkat peringatan perjalanan ke Israel ke Tingkat 3

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima vaksin anti penyakit virus corona (COVID-19) di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel (19/12/2020). ANTARA/REUTERS/Amir Cohen/Pool/aa.

Washington (ANTARA) - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (26/4) menurunkan peringkat peringatan perjalanannya untuk Israel ke "Tingkat 3: Pertimbangkan Ulang Perjalanan" --hanya beberapa hari setelah menaikkannya.

Minggu lalu, Deplu AS  menambahkan 119 negara ke daftar 34 negara dengan level tertinggi: "Tingkat 4: Jangan Bepergian", dari sekitar 209 destinasi yang terdaftar.

Negara-negara yang ditambahkan termasuk Inggris, Kanada, Prancis, Israel, Meksiko, dan Jerman, dan disebut punya "tingkat COVID-19 yang sangat tinggi".

Peringatan tersebut merupakan rekomendasi untuk warga negara Amerika dan tidak mengikat.

Deplu mengatakan pekan lalu langkah untuk mencantumkan lebih banyak negara di Tingkat 4 tidak menunjukkan penilaian ulang situasi kesehatan saat ini, tetapi lebih merupakan "penyesuaian dalam sistem Peringatan Perjalanan Departemen Luar Negeri untuk lebih mengandalkan pada penilaian epidemologis (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS). "

Ketika diminta untuk menjelaskan keputusan mengubah tingkat Israel, seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan peringatan itu "memperhitungkan data mutakhir dan analisis kesehatan dan keselamatan publik tentang risiko terkait COVID-19."

Kedutaan Besar Israel di Washington belum menanggapi permintaan komentar.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Netanyahu sebut Israel hampir akhiri pembatasan COVID-19

Baca juga: Program vaksinasi berhasil, warga Israel pilih Netanyahu lagi

Baca juga: CDC: AS telah berikan 187 juta dosis vaksin COVID-19


 

Menlu Retno: Indonesia tidak berniat buka hubungan dengan Israel

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar