Jakarta (ANTARA) - Sudah lazim terjadi penjahat siber menggunakan topik yang sedang populer untuk menyebarkan malware, yang terbaru berkaitan dengan Piala Oscar 2021.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky, dikutip Selasa, menemukan beberapa situs web phishing yang menawarkan menonton film masuk nominasi Oscar secara cuma-cuma.

Tim keamanan siber di Kaspersky menemukan kategori Film Terbaik atau Best Picture dimanfaatkan penjahat siber untuk menebar phishing.

Penjahat siber menawarkan situs gratis untuk menonton "Mank", "Minari", "Judas and the Black Messiah", "Nomadland", "The Trial of the Chicago 7", "Promising Young Woman", "Sound of Metal" dan "The Father".

Baca juga: Kominfo tanggapi kejadian "mass-tagging" tautan pornografi di Facebook

Baca juga: Kominfo bersama Kemendikbud ajak masyarakat waspada "phising"


Situs gadungan itu akan memutar film selama beberapa menit, kemudian meminta korban untuk mendaftar agar bisa melanjutkan menonton film.

Korban diminta untuk memasukkan lokasi tempat tinggal dan rincian kartu perbankan. Setelah itu, uang di akun perbankan akan dipotong, namun, film tidak berlanjut diputar.

Kaspersky melihat penjahat siber berupaya mencuri data korban dengan phishing film peraih Oscar 2021 ini.

Sebagian besar berkas berbahaya menyamar dalam film "Judas and The Black Messiah", "Promising Young Woman" dan "Trial of the Chicago 7".

Film masih menjadi daya tarik untuk jebakan phishing, meski pun saat ini layanan menonton streaming semakin populer.

Agar tidak terjebak phishing seperti ini, Kaspersky menyarankan warganet untuk teliti memeriksa situs sebelum memasukkan data pribadi dan hanya menonton dari situs resmi.

Ketika mengunduh film, pastikan berkas tidak berekstensi .exe atau .msi.

Warganet juga sebaiknya menghindari situs yang menawarkan video singkat awal film, kecuali memang berasal dari penyedia layanan streaming yang resmi.

Baca juga: Kominfo rencanakan buat verifikasi biometrik untuk registrasi SIM card

Baca juga: Waspada hoaks Adidas bagi-bagi sepatu gratis!

Baca juga: Kiat cegah kejahatan digital "phising" bagi UMKM

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021