Review

Realme 8 dibekali segudang fitur fotografi

Oleh Natisha Andarningtyas

Realme 8 dibekali segudang fitur fotografi

realme 8. ANTARA/Natisha Andarningtyas.

Jakarta (ANTARA) - Ponsel realme 8 resmi meluncur di Indonesia awal bulan ini, mengusung begitu banyak fitur untuk memanjakan penyuka fotografi.

realme 8 ini merupakan ponsel seri angka dari merk asal China tersebut yang membawa teknologi terbaru untuk kamera dan desain bodi dengan tampilan yang mencolok.

Berikut ini pengalaman ANTARA memakai realme 8 selama beberapa minggu.

Baca juga: Realme Narzo 30A resmi dibanderol Rp1.8 juta

Baca juga: Bersaing sebagai smartphone midrange, ini komparasi Realme 5 Pro dan Vivo S1


Desain
Ponsel ini terbilang unik dari segi tampilan luar, berkat slogan "Dare to Leap" yang dicetak besar-besaran di bagian kanan belakang ponsel.

realme memberika dua desain pada bodi belakang realme 8, satu sisi polos untuk latar tulisan slogan andalan mereka, sisi lainnya dengan tekstur kotak-kotak kecil serupa piksel.

ANTARA menggunakan ponsel berwarna Silver Cyber, realme mengadopsi desain Infinite Bold, terinspirasi dari gaya futuristik, yang akan memantulkan warna pelangi ketika terkena cahaya.

Ketika digenggam, ponsel ini terasa padat, namun, ringan dan tipis dengan dimensi 160,6 x 73,9 x 7,99 milimeter dan bobot 177 gram.

Meski menggunakan desain akhir, finishing, mengkilap (glossy), realme 8 tidak terasa licin saat digenggam. Sementara untuk jejak sidik jari, akan menempel di bodi belakang ketika digenggam.
 
realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


realme 8 menggunakan layar Super AMOLED resolusi 24000 x 1080 piksel. Layar seluas 6,4 inci ini memiliki rasio layar ke bodi 90,8 persen. Terdapat bezel sangat tipis di sekeliling ponsel.

Untuk membuka kunci dan otentikasi sejumlah fitur di aplikasi, realme menanamkan sensor sidik jari di dalam layar (in-display). realme menawarkan touch sampling rate 180Hz.

realme 8 mengusung takik atau notch punch hole, kamera swafoto terletak di sisi kiri ponsel.

realme menempatkan semua tombol fisik di sisi kanan ponsel, yaitu untuk tombol daya (power) dan volume. Sementara di sisi kiri, terdapat laci untuk menaruh dua kartu SIM dan satu slot untuk kartu memori micro SD.

Performa

realme 8 dibekali dengan spesifikasi yang mendukung untuk gaming, berkat chip dan kapasitas internal yang besar.

realme menggunakan chip buatan MediaTek, Helio G95, CPU berinti delapan kecepatan hingga 2.05GHz dan GPU ARM Mali-G76 MC4. Touch sampling rate realme 8 sebesar 180Hz.

Sementara untuk frame rate, realme 8 menyediakan fitur pilihan 15fps, 24fos dan 30fps.
realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Kapasitas internal yang diberikan untuk ponsel ini pun tergolong besar, perpaduan RAM 8GB LPDDR4x dual-channel dan kapasitas penyimpanan 128GB UFS 2.1

realme 8 dilengkapi dengan sistem pendinginan Copper Liquid Cooling System, menjajikan efisiensi pendinginan 14,4 persen.

Ponsel ini sudah memiliki fitur NFC, yang bisa dinyalakan melalui "laci" yang akan terlihat ketika menggeser layar dari atas ke bawah.

Performa realme jugaa didukung dengan baterai berkapasitas daya 5.000mAh, yang sudah dilengkapi dengan fitur pengisi daya cepat Dart Charge 30W.

Ponsel ini bisa diisi daya dari posisi 0 hingga penuh 100 persen dalam waktu sekitar 1 jam, dengan catatan ponsel sama sekali tidak digunaakn saat disambungkan ke listrik.

Dalam waktu kurang lebih 30 menit, daya ponsel terisi 84 persen. realme 8 bisa diisi daya dengan kabel USB Type-C, salah satu kekurangan pada ponsel ini, kepala charger Dart Charge 30W ini cukup besar, terasa kurang ringkas jika dibawa bepergian.

Kamera

Fitur unggulan realme 8 terletak pada kamera, yang menawarkan segudang fitur fotografi sehingga hasil foto terlihat seperti menggunakan kamera betulan, bukan ponsel.

realme dibekali dengan empat kamera belakang, lensa utama sebesar 64MP bukaan f/1.79, kemudian diikuti dengan lensa ultra-wide 8MP 119 derajat bukaan f/2.25, lensa B&W 2MP dan lensa makro 2MP bukaan f/2.4, yang optimal digunakan untuk mengambil gambar dari jarak 4 centimeter.

Kamera belakang ini diperkaya dengan berbagai fitur, salah satunya adalah Starry Mode generasi kedua yang diperbarui untuk memotret angkasa di malam hari.

realme 8 juga memiliki fitur fotografi malam hari New Super Nightscape dan AI Image noise reduction untuk mengurangi noise atau bintik-bintik pada hasil foto akibat kekurangan cahaya.

Ketika berfoto menggunakan Portrait Mode, pengguna bisa menemukan berbagai filter untuk menunjang kreativitas saat berfoto, seperti Neon Portrait untuk menonjolkan warna, Dynamic Bokeh untuk latar seolah subjek foto sedang bergerak dan AI Color Portrait untuk latar hitam putih, sementara subjek foto tetap berwarna.

Berikut ini hasil foto menggunakan berbagai lensa di realme 8.
Hasil foto dengan kamera 64MP realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Hasil foto dengan mode Photo kamera realme 8 di dalam ruangan. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Hasil foto dengan lensa makro 2MP di realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Hasil foto dengan fitur Night Mode di realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Hasil foto dengan Portrait Mode filter AI Color Portrait di realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Hasil foto dengan Portrait Mode filter Dynamic Bokeh di realme 8. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Kamera depan realme 8 memiliki resolusi 16MP, menggunakan bukaan f/2.45. Kamera realme 8 sudah mendukung perekaman video 4K untuk 30fps.

Fitur lainnya yang tidak kalan menarik pada kamera realme 8, ponsel ini memiliki fitur Dual-view Video, merekam dengan kamera depan dan belakang sekaligus yang sangat berguna ketika membuat vlog.

Dengan mode ini, ketika pengguna membuat vlog misalnya, "room tour" atau menunjukkan desain kamar, dia cukup berbicara menjelaskan tata letak kamarnya dan akan tampil dalam tegel kecil kamera depan, sementara kamera belakang menyoroti suasana ruangan.

Kesimpulan

Untuk harga Rp 3.599.000, realme menawarkan banyak fitur menarik untuk fotografi sehingga pengguna bisa lebih banyak berkreasi.

Baca juga: realme luncurkan Buds Air 2, harga mulai Rp500 ribuan

Baca juga: Seri realme 8 hadir dengan kamera hingga 108MP

Baca juga: Deretan ponsel yang meluncur di Indonesia sepanjang Maret 2021

 

Oleh Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar