Jakarta (ANTARA) - Memanfaatkan momentum Ramadhan dan Lebaran di rumah selama pandemi COVID-19, TCL Indonesia memperkenalkan televisi pintar TCL A20 yang bisa digunakan untuk bersilaturahmi dengan kerabat menggunakan platform digital.

Televisi itu menggunakan sistem operasi Android 11 atau Android R, sehingga pengguna memiliki akses ke lebih dari 7.000 aplikasi serta 70.000 film atau acara di satu tempat, yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Baca juga: TCL akan pamerkan layar fleksibel di CES 2019

Selain itu, fitur chromecast memungkinkan pencerminan layar (screen mirroring) secara langsung dari perangkat pengguna, baik telepon pintar maupun laptop, membuat proses silaturahmi via aplikasi menjadi lebih ringkas.

"Dengan beragam kelebihan ini, kami percaya A20 mampu menghadirkan kualitas pengalaman baik tontonan, erntertainment dan game dengan level yang lebih baik. Selain itu, menjadikan silaturahmi tahun ini akan terasa begitu spesial dengan menghadirkan komunikasi & interaksi begitu nyata,” kata Sales and Marketing Director TCL Indonesia, Peter Chen, dalam siaran pers, Selasa.

TV pintar itu dibekali Dolby Vision & Atmos, untuk memberikan pengalaman sinematik dengan gambar yang dinamis dan audio imersif. Ada juga teknologi MEMC (Motion Estimation Motion Compensation) untuk menciptakan gambar dan suara tajam, tidak buram dan stabil selama menampilkan tontonan olahraga atau tayangan dengan adegan yang bergerak cepat.

Detail gambar A20 ditunjang audio visual profesional 4K, HDR 10 4 juta piksel, serta kedalaman 10-bit yang menampilkan 1,07 miliar warna. Sedangkan fitur Hands-Free Voice Control 2.0 memudahkan pengguna berinteraksi dengan TV TCL melalui empat mikforon internal.

Untuk konektivitas, A20 juga mendukung panggilan suara dan koneksi ke berbagai perangkat rumah pintar, serta dilengkapi Wi-Fi dual-band 2.4G + 5G, HDMI 2.1 dan AiPQ Engine, untuk pengalaman streaming yang lebih cepat.

AiPQ Engine Chipset pada A20 mampu memproses konten dalam waktu nyata, serta meningkatkan tampilan dan audio. Berbekal chipset ini, A20 dapat mengoptimalkan gambar menurut konten serta meningkatkan kualitas audio yang dikompensasikan secara dinamis berdasarkan volume, menghilangkan distorsi sinyal dan speaker, memberikan pengalaman mendengarkan lebih autentik. Tampilan premium terasa dengan desain minimalis berbingkai tipis dari bahan logam untuk memastikan bahwa layar TV akan terlihat lebih maksimal.

TV 4K HDR seri A20 itu telah terjual 400 unit pada hari pertama peluncuran, dengan pilihan ukuran yakni 43, 50 dan 55 inch, yang dijual dengan harga mulai Rp5,9 juta.

Baca juga: TCL kembangkan ponsel bisa dilipat jadi jam tangan

Baca juga: TCL X10 gondol penghargaan 8K TV pada CES 2019

Baca juga: TCL luncurkan TV berteknologi AI di CES 2019

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021