Kata Youn Yuh-jung mengenai perannya di "Minari"

Kata Youn Yuh-jung mengenai perannya di "Minari"

Youn Yuh-jung. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Aktris Korea Selatan Youn Yuh-jung menarik hati lewat penampilannya sebagai nenek eksentrik di film "Minari" yang berkisah tentang keluarga imigran Korea memulai hidup baru di pedesaan Arkansas pada 1980-an. Film yang ditulis dan disutradarai sutradara Korea-Amerika Lee Isaac Chung berdasarkan masa kecilnya. Berkat penampilannya di "Minari", Youn Yuh-jung berhasil membawa pulang piala Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Baca juga: Aktris pemenang Oscar Youn Yuh-jung ingin berakting sampai akhir hayat

Dikutip dari Yonhap, Selasa, karakter Youn bernama Soon-Ja, ibu dari Monica yang menghadapi tantangan saat memulai hidup baru di pedesaan Amerika dan mengurus dua anaknya, termasuk David yang memiliki penyakit jantung.

Soon-ja diminta terbang ke Amerika Serikat untuk mengurus dua cucu sementara orangtuanya sibuk membanting tulang. Sang nenek eksentrik membawa banyak oleh-oleh berupa makanan Korea dan bahan-bahan yang sulit dicari di Amerika, seperti bubuk cabai dan ikan teri kering.

Dia menyemangati putrinya yang merasa tidak enak karena membiarkan ibunya tinggal di mobil trailer di antah berantah.

Soon-ja yang penampilannya serupa dengan nenek-nenek pada umumnya di Korea tidak ragu ke Amerika untuk menolong putrinya, lengkap dengan oleh-oleh berbagai makanan dari kampung halaman, meski dia tidak bisa berbahasa Inggris.

Dia tidur sekamar dengan David. Sang cucu tidur di kasur, sang nenek tidur di lantai.

"Nenek-nenek Korea tak mungkin mengambil alih kasur dari cucu yang sakit," kata Youn dalam konferensi pers di Seoul.

Baca juga: Gurauan Youn Yuh-jung di balik layar Oscar
Youn Yuh-jung (ANTARA/HO)


Pengalaman pribadinya tinggal di Amerika Serikat mungkin membantunya menyelami karakter Soon-ja di "Minari". Dia pindah ke Amerika setelah menikah penyanyi populer Cho Young-nam pada 1974 dan tinggal selama sepuluh tahun di St. Petersburg, Florida, dan dikaruniai dua orang putra.

Pada saat yang bersamaan, Soon-ja bukanlah tipikal nenek yang senang memasak atau membuat kue untuk cucu-cucunya. Dia senang menonton gulat dan mengajari cucunya bermain kartu, dia pun tak segan-segan mengumpat.

David, cucu termuda, awalnya tidak menyukai si nenek yang disebut "bau Korea" dan tidak seperti "nenek betulan".

Seiring berjalannya waktu, dia dan David semakin dekat dan hubungan mereka menciptakan dinamika yang menggerakkan narasi serta memunculkan berbagai emosi dan adegan-adegan lucu.

Sutradara "Parasite" Bong Joon-ho mengatakan tokoh Soon-ja adalah karakter paling menyenangkan dan tak terlupakan dari beragam peran yang dimainkan Youn dalam 50 tahun terakhir.

Youn mengatakan sutradara Chung, yang membuat tokoh Soon-ja berdasarkan neneknya sendiri, memintanya membuat karakter sendiri ketimbang meniru neneknya.

"Ketika saya pertama bertemu Isaac, saya tanya apakah saya harus meniru neneknya. Tapi dia bilang tidak usah," kata aktris itu. "Soon-ja adalah karakter baru yang saya dan Isaac buat bersama."



Baca juga: Youn Yuh-jung "Minari" bawa pulang Aktris Pendukung Terbaik Oscar

Baca juga: Film "Minari" tayang 21 April di Indonesia

Baca juga: Steven Yeun akan bintangi film baru Jordan Peele

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar