Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Australia telah mengirimkan jaminan pendanaan kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait rencana pencalonan Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Komitmen tersebut disampaikan oleh pemerintah federal dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk, Selasa.

Palaszczuk mengatakan pemerintah Australia mengonfirmasi akan mendanai infrastruktur Olimpiade 2032.

“Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri (Scott Morrison) karena sudah memberikan respons yang cepat,” kata Palaszczuk seperti dikutip Reuters, Selasa.

Morrison juga mengatakan Queensland perlu membentuk Badan Infrastruktur Olimpiade yang dimiliki dan didanai bersama pemerintah federal.

Selain itu, Palaszczuk mengonfirmasi akan membangun kembali stadion Gabba Brisbane yang akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade.  Dia menyatakan telah menyiapkan dana senilai 1 miliar dolar Australia atau sekitar Rp11,3 triliun untuk pembangunan tersebut.

Dia menilai Queensland memiliki rekam jejak yang bagus dalam menggelar kegiatan-kegiatan besar berkat kerja sama dengan pemerintah federal.

“Kami melakukan banyak sekali proyek di Queensland, dan kami pasti bisa melakukannya untuk Olimpiade,” kata dia.

Pada Februari lalu, ibu kota negara bagian Queensland sebagaimana disebut Reuters sebagai kota tuan rumah pilihan IOC untuk Olimpiade 2032 dan dapat dikonfirmasi sebagai tuan rumah paling cepat Juli mendatang.

Baca juga: Sejumlah kota di Jepang merasa mustahil jadi tuan rumah tim Olimpiade

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021