Kuala Lumpur (ANTARA) - Mantan Perdana Menteri Malaysia mengatakan situasi COVID-19 di Malaysia serius karena selama tiga belas hari terakhir jumlah kasus baru yang dilaporkan di atas 2.000 dan hanya satu hari kasus baru turun di bawah 2.000.

"Terakhir kali jumlahnya di bawah 1.000 hampir sebulan yang lalu. Ya. Situasinya serius. Tapi deklarasi darurat tidak mengurangi jumlahnya. Kelantan pasti semakin parah," ujar Mahathir melalui blog-nya, Selasa.

Di India kasus baru telah melampaui 300.000 sehari. Ada kekurangan oksigen dan pasien COVID-19 meninggal karena kekurangan oksigen.

"Ini tidak terjadi di Malaysia, setidaknya belum. Tapi kita harus yakin itu tidak akan terjadi," katanya.

"Jumlah kematian juga relatif kecil. Itu mungkin karena kami memiliki cukup tempat tidur dan fasilitas di rumah sakit kami. Jika gelombang keempat menghantam kita, staf garis depan yang terlalu banyak bekerja mungkin tidak dapat mengatasinya. Dan rumah sakit mungkin tidak memiliki cukup tempat tidur. Bahkan dalam keadaan normal pasien harus dibiarkan di koridor tanpa penyangga kehidupan," katanya.

Apakah bisa diatasi jika jumlahnya melonjak lagi menjadi 4.000 ditambah sehari, dan itu pernah terjadi sebelumnya, ujar dia.

"Perawatan kasus COVID-19 yang serius rumit dan bergantung pada perangkat pendukung terbaik," katanya.

Mahathir mengatakan pihaknya sangat bergantung pada masker dan pemisahan ruang sosial untuk meminimalkan kontak.
"Dalam gejolak kita perlu mengunci. Ini tidak populer, tetapi sangat penting. Pemerintah seharusnya tidak mencari popularitas tetapi harus memaksakan - pembatasan dan mengawasi agar mereka ditaati," katanya.

Penguncian yang benar, ujar dia, seperti yang dirinya lakukan dalam empat pekan pertama pandemi ternyata efektif karena tidak ada satu mobil pun di jalan dan jalanan kosong.

"Tetapi biaya ekonomi dan sosial sangat besar. Orang kehilangan pekerjaan, tidak punya penghasilan dan bahkan tidak punya makanan," katanya.

Dia mengatakan pemerintah mengatakan telah menghabiskan 600 miliar ringgit tetapi pihaknya tidak benar-benar tahu bagaimana uang itu dibelanjakan.

"Tetapi orang-orang diizinkan untuk mengadakan bazar Ramadhan karena permintaan mereka sangat besar selama puasa. Ini adalah kesempatan bagi orang untuk menghasilkan uang. Tapi dalam istilah COVID-19 biayanya tinggi. Saya yakin lonjakan Kelantan disebabkan oleh keramaian dan pengabaian massal terhadap SOP," katanya.

Dia mengatakan lockdown menyebabkan orang kehilangan pekerjaan, tidak dapat melakukan bisnis kecil.

"Uang pemerintah harus dibagikan kepada orang-orang ini. Memberi uang dalam jumlah besar sekali dalam setahun tidak akan berhasil. Harus ada jumlah bulanan," katanya.

Dia mengatakan penting juga untuk menyiapkan dapur makanan di tempat-tempat kritis dan makanan gratis harus tersedia untuk semua orang.

"Dalam kebanyakan kasus, makanan harus dikirim ke rumah untuk menghindari kerumunan orang yang terburu-buru mencari makanan," katanya.

Bisnis online, ujar dia, harus didorong sehingga berarti layanan pesan-antar makanan diperlukan karena banyak orang bisa mendapatkan pekerjaan di bisnis pengiriman ini tetapi mereka harus mematuhi SOP khusus untuk mereka.

"Belanja harus dicegah. Semua pembelian harus dilakukan secara online. Pengecer juga harus beriklan secara online. Dan semua pembayaran harus online," katanya.

Pabrik yang padat karya, ujar dia, harus mengurangi angkatan kerjanya. Harus ada lebih banyak robot dan otomatisasi.

"Pekerja harus mengamati jarak sosial secara ketat. Pengusaha harus memastikan ini di pabrik," katanya.

Muslim yang melakukan sholat massal, ujar dia, harus memastikan bahwa mereka mengamati pemisahan sosial.

"Ini harus dilakukan tidak hanya saat sholat tetapi juga saat sholat selesai dan mereka meninggalkan masjid. Terlihat bahwa mereka melupakan jarak sosial saat meninggalkan masjid," katanya.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 hanya dapat diatasi jika semua SOP dipatuhi dengan ketat.

"Rumah sakit swasta harus diizinkan untuk memvaksinasi. Vaksin seperti Sputnik V dan beberapa vaksin Cina harus disertifikasi. Juga yang digunakan di Amerika dimana setiap hari sebanyak tiga juta vaksinasi dilakukan," katanya.

Virus ini, ujar dia, tidak akan hilang dengan mudah dan bisa mengganggu dunia untuk waktu yang lama.

"Negara-negara kaya harus berhenti menghabiskan ratusan miliar untuk cara-cara membunuh orang. Ilmuwan terbaik mereka harus mempelajari dan mengembangkan cara untuk memerangi pandemi virus. Pada saat yang sama para peneliti yang bermain-main dengan virus, bakteri dan bahan kimia harus dikendalikan untuk menghindari tumpahan yang tidak disengaja atau disengaja ke dalam sistem," katanya.

Mahathir mengatakan kita akan hidup dengan pandemi untuk waktu yang lama.

"Kita harus belajar bagaimana bertahan hidup. Kita harus mengembangkan keahlian dalam menangani mereka," katanya.

Baca juga: KM Sinar Mega bertabrakan di perairan Johor, 10 ABK selamat

Baca juga: Sembilan pekerja migran dideportasi dari Sabah terpapar COVID-19



 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021