Jakarta (ANTARA) - Leader dari grup idola MAMAMOO mengunggah video kolaborasi di akun YouTubenya Solarsido dengan YouTuber Sunny Dahye mencoba beragam makanan Indonesia yang baru bagi Solar.

Dalam kolaborasi pertamanya itu, Sunny Dahye yang memang memiliki pengalaman tinggal di Indonesia menyuguhkan nasi ayam geprek, iga bakar, rendang, jengkol dan pete untuk Solar.

Rupanya dari seluruh makanan yang disuguhkan rupanya Solar memiliki ketertarikan pada pete yang merupakan makanan dengan bau yang khas saat dimakan.

Baca juga: MAMAMOO tampil enerjik, ungkap makanan Indonesia favorit
Menu makanan yang dicoba Solar saat berkolaborasi mencoba makanan Indonesia bersama Sunny Dahye. (Youtube/Solarsido)

Video kolaborasi itu dimulai dengan Solar yang mencoba ayam geprek. Bagi Solar makanan yang tengah hits di Indonesia itu memiliki cita rasa yang terlalu pedas.

"Oh, oh ini sangat pedas," kata Solar setelah mencoba sepotong ayam geprek tanpa nasi dalam video yang diunggahnya pada 26 April itu.

Ia pun segera bergegas membuka minuman pertama yang disuguhkan yaitu Teh Botol.

Untungnya wanita yang kerap dipanggil "Yongsun Eonie" itu bisa meredakan rasa pedasnya dengan teh botol.

Ia pun langsung jatuh cinta pada teh melati dengan citarasa manis itu.

Makanan selanjutnya yang dicoba Solar adalah Iga Bakar dengan sambal.

Sunny Dahye yang sangat terlihat semangat pun menjelaskan bahwa di Indonesia ada banyak jenis sambal yang jika dibandingkan dengan Korea seperti banyaknya jenis kimchi yang ada di negeri Ginseng itu.

"Oh jadi kayak geotjori (kimchi segar) dan kimchi fermentasi ya?", kata Solar memastikan dan segera ditanggapi dengan anggukan kepala oleh Sunny.

Iga Bakar rupanya menjadi salah satu favorit Solar selain nasi goreng dan pete karena rasanya yang manis, dagingnya yang empuk, dan terlihat ia sangat senang memakan menu yang berbahan dari daging sapi itu.

Makanan ketiga yang dicoba Solar adalah rendang. Menurut Solar, rendang Indonesia terasa sangat banyak rempah-rempah dan ia pun tak heran jika rendang menjadi makanan nomor 1 di dunia yang difavoritkan.

"Menurutku rempah Indonesia mempunyai pesonanya sendiri," kata Solar.

Baca juga: MAMAMOO perpanjang kontrak, Wheein masih dalam diskusi mendalam


Jengkol dan Pete
Solar mencoba Jengkol. (Youtube/Solarsido)


Sesudah mencoba berbagai sajian lauk, kini Solar beralih ke makanan yang berbahan dasar sayur.

Menariknya Sunny memberikan pilihan duo makanan yang memiliki bau khas yaitu Jengkol dan Pete pada artis idol itu.

Awalnya Solar mencoba Semur Jengkol setelah mencicipi rendang.

Namun sepertinya jengkol yang diolah tidak berbau dan Solar pun nampak menikmati sajian jengkolnya.

"Jika dianalogikan dengan makanan Korea, ini mirip semur kentang buatan ibumu. Tapi rasanya sangat berbeda!" kata Solar menjelaskan citarasa jengkol.

Akhirnya tibalah saat Solar harus mencoba pete. Pete memang menjadi salah satu makanan favorit dari Sunny Dahye, ia pun memberikan peringatan pada Solar bahwa pete memiliki keunikan pada baunya setelah dikonsumsi.

Namun Solar langsung melahapnya tanpa ragu-ragu.

"Awalnya aku merasa Enak kok, apa yang salah? Tapi rupanya ada rasa pahit yang datang di akhir," kata Solar menjelaskan perasaannya soal petai.

Dari seluruh makanan yang disuguhkan Solar menemukan makanan Indonesia favoritnya yang baru yaitu Iga Bakar dan Pete.

Untuk petai, kalau bukan karena Sunny "Dahye, aku tidak akan pernah menyobanya seumur hidup," kata Solar menjelaskan pengalamannya yang unik itu.

"Aku cinta kamu Petai," kata Solar dengan bahagia sambil menunjukkan tanda hati.

Mereka pun menutup perbincangan mengenai K-pop dan tren yang tengah digandrungi wanita di usia 20-30 tahun di Indonesia.

Solar pun mengatakan pengalamannya di Indonesia sangat baik. Ia merasa senang dan tenang karena menerima keramahan seluruh warga yang terlihat sangat bahagia saat berkunjung ke Indonesia.

Kolaborasi mencoba makanan Indonesia itu ditutup dengan meminum larutan badak dengan rasa Leci, Jambu, dan Jeruk.

"Aku sudah suka makanan Indonesia sebelumnya tapi sepertinya aku jatuh cinta lebih dalam lagi dengan pesona makanan Indonesia," kata Solar.

Baca juga: Wheein MAMAMOO comeback solo April 2021

Baca juga: Hwasa MAMAMOO dan Jessi bakal berkolaborasi di MAMA 2020

Baca juga: Solar MAMAMOO tampil berani lewat debut solo "Spit It Out"


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021