Jakarta (ANTARA) - Pebalap muda Inggris Callum Ilott akan mengemban tugas sebagai pebalap cadangan kedua tim Alfa Romeo untuk musim 2021 dan mendapat kesempatan untuk turun pada sesi FP1 mulai di Grand Prix Portugal akhir pekan ini.

Ilott (22), telah mengenal tim dengan baik, menyusul penampilan pertamanya di sesi tes pada 2019 dan ketika tes pascamusim 2020 di Abu Dhabi.

Setelah finis runner-up di kejuaraan dunia Formula 2, dengan tiga kemenangan dan enam podium di tangannya, murid Akademi Pebalap Ferrari itu telah membangun reputasinya sebagai pebalap yang cepat, konsisten dan bekerja keras, sehingga dilirik oleh Alfa Romeo.

Baca juga: Williams targetkan 100 pitstop di Portugal untuk Kapten Tom Moore
Baca juga: GP Jepang tetap di Suzuka untuk tiga tahun ke depan.


"Saya sangat senang bergabung dengan tim ini untuk musim ini dan saya ingin berterima kasih kepada Alfa Romeo Racing ORLEN dan Akademi Pebalap Ferrari atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya," kata Ilott dikutip laman resmi Alfa Romeo, Selasa.

"Dua sesi yang saya jalani bersama tim ini dalam dua tahun terakhir sangat berguna bagi saya untuk membiasakan diri dengan bagaimana tim Formula 1 bekerja dan saya yakin saya bisa mulai bekerja dalam peran baru saya sebagai salah satu pebalap cadangan."

Ilott akan berbagi tugas dengan Robert Kubica, yang akan absen di sejumlah Grand Prix tahun ini untuk mengikuti kejuaraan balap lain.

Sang pebalap veteran Polandia telah mengamankan kemenangan pertamanya di kelas LMP2 di balapan pembuka Le Mans Series bulan ini.

Bos tim Alfa Romeo Frederic Vasseur menambahkan," Saya sangat senang menyambut Callum ke dalam tim kami."

"Perjalanannya di seri junior impresif dan dia tak diragukan adalah salah satu pebalap muda bertalenta yang ada di jajarannya.

"Dia telah bekerja dengan kami sebelumnya, setiap kali meninggalkan kesan yang baik berkat etika kerja dan umpan baliknya yang baik, dan saya tidak ragu dia akan menjadi tambahan yang sangat positif untuk Robert Kubica, yang akan absen dalam berbagai kesempatan karena program balapan yang lain."

Baca juga: Verstappen juarai GP Emilia Romagna yang kaotis
Baca juga: James Alisson miliki tugas baru di Mercedes

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021