Gianyar, Bali (ANTARA) -
Bupati Gianyar I Made Mahayastra membuka pameran bonsai berskala nasional di Alun-alun Gianyar, untuk menggerakkan para pecinta bonsai sebagai upaya pengembangan pariwisata.

"Pameran bonsai Mahayastra Cup diikuti 912 peserta yang dilombakan dalam Kelas Mame, Kelas Regional, Kelas Madya, Kelas Utama, serta Kelas Bintang," kata bupati Gianyar usai membuka pameran bonsai kelas nasional, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Selasa.

Dalam acara itu bupati Gianyar didampingi Forkopimda, Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, beserta beberapa Kepala OPD (organisasi pemerintahan daerah) Gianyar.

Setelah membuka pameran, Bupati Mahayastra langsung menancapkan bendera (memilih) pada bonsai yang dipilihnya untuk mendapatkan Mahayastra Cup.

Pada masing-masing kelas, Bupati Mahayastra memilih satu dari sepuluh terbaik (The Best Ten). Para pemilik bonsai yang terpilih meraih Mahayastra Cup juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan total nilai Rp37,5 juta.
 
Bupati Mahayastra mengaku senang karena selama kurang lebih satu tahun tiga bulan mengalami pandemi COVID-19, Gianyar mulai menunjukkan perkembangan yang baik. "Sesuai pidato Presiden bahwa kepala daerah itu tidak hanya menekan rem saja tetapi juga harus menekan gas serta memikirkan langkah-langkah untuk memulihkan daerahnya, karena Gianyar adalah daerah pariwisata maka saya mengajukan Ubud sebagai kawasan hijau," katanya.
 
Bupati Mahayastra berterima kasih kepada PPBI (Perkumpulan Pecinta Bonsai Indonesia) Gianyar dan Bali, dewan juri, serta tokoh-tokoh yang terlibat sehingga sekarang Kabupaten Gianyar sudah sangat dikenal kalangan pecinta bonsai.
.
Ketua Panitia Pameran, I Wayan Arthana mengatakan, tidak mudah mendatangkan ratusan bonsai yang saat ini dipamerkan di Alun-alun Gianyar, yang datang dari seluruh wilayah Indonesia. "Saya berterima kasih para tokoh-tokoh bonsai telah hadir di Alun-alun Gianyar, walaupun di sini tidak dapat hadiah, tidak dapat piala, sudah berpartisipasi membangun pariwisata di kabupaten Gianyar dan di Bali secara umum," kata Wayan Arthana
.
Ketua PPBI Gianyar, I Gusti Bagus Adi Widhya Utama berterima kasih kepada Bupati Gianyar, karena dukungan penuh yang diberikan sehingga Pameran Bonsai sekelas nasional ini bisa berjalan dengan.

Ke depan, ia berharap pameran bonsai memperebutkan Mahayastra Cup akan lebih luas serta dapat menjadi acara tahunan yang akan dinanti pecinta bonsai dari Bali sendiri maupun luar Bali.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021