Polri gandeng 9 pengawas eksternal mantapkan program Presisi

Polri gandeng 9 pengawas eksternal mantapkan program Presisi

Focus Group Discussion" (FGD) Itwasum Polri dan Liaison Officer (LO) pengawasan eksternal di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/4). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Adanya forum LO pengawas eksternal membangun wadah dalam menindak lanjuti laporan masyarakat dengan 9 pengawas eksternal
Jakarta (ANTARA) - Polri menggandeng sembilan lembaga negara sebagai pengawas eksternal untuk memantapkan program 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan konsep Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya diterima, Rabu, mengungkapkan adanya pengawas eksternal tersebut sesuai dengan semangat empat bidang transformasi yakni, organisasi, operasional, pelayanan publik dan pengawasan, sebagaimana konsep Presisi.

"Sembilan pengawas ekternal itu adalah, Kompolnas, KPK, Setneg, BPKP, Kemenpolhukam, LKPP, BPK RI, Ombusman RI, dan Komnas HAM," kata Argo.

Baca juga: Sahroni apresiasi ribuan kasus di Polri ditangani keadilan restoratif

Baca juga: Lemkapi beri penghargaan presisi award untuk Korlantas Polri


Upaya menggandeng sembilan lembaga pengawas eksternal tersebut dibahas dalam "Focus Group Discussion" (FGD) Itwasum Polri dan Liaison Officer (LO) pengawasan eksternal di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/4).

Acara tersebut, lanjut Argo, dimaksudkan untuk berdiskusi melalui FGD berkaitan dengan laporan masyarakat yang masuk ke instansi masing berkaitan dengan kepolisian, dengan laporan yang dilaporkan penyelesaiannya sama.

"Adanya forum LO pengawas eksternal membangun wadah dalam menindak lanjuti laporan masyarakat dengan 9 pengawas eksternal," ujar Argo.

Argo menambahkan, dalam kegiatan tersebut dibahas soal penguatan sistem pengawasan eksternal. Lalu, menjalin komunikasi terkait isu yang menjadi perhatian publik.

"Penyelesaian pengaduan dan mencari akar permasalahan dan dilakukan perbaikan agar tidak ada penyimpangan lagi," katanya.

Baca juga: Menkopolhukam dan Kapolri bahas Polri yang presisi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Kalteng raih Presisi Award

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar