Kapolresta: PSU Pilwali Banjarmasin berjalan aman

Kapolresta: PSU Pilwali Banjarmasin berjalan aman

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang berlangsung Rabu ini berjalan aman dan lancar dengan tingkat partisipasi pemilih tinggi.

"Alhamdulilah sejak pagi tadi pukul 07.00 WITA sampai siang ini situasi aman terkendali, tidak ada laporan kejadian menonjol di semua TPS," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Kabar gembirannya, ungkap Rachmat, antusias masyarakat sangat tinggi dengan jumlah pemilih ada yang mencapai 80 persen. Jika di rata-rata pada seluruh TPS partisipasinya sekitar 60 persen.

Baca juga: KPU Banjarmasin: Partisipasi pemilih di PSU terpantau cukup baik

Padahal pada pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu partisipasi hanya berkisar 45 sampai 50 persen saja untuk Pilwali Banjarmasin.

"Ada beberapa warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) kebetulan lagi bekerja atau berjualan pagi tadi, diharapkan masih bisa diakomodir siang ini sampai batas waktu TPS ditutup tetap dilayani. Kami apresiasi antusias masyarakat pada PSU kali ini," ungkap Rachmat didampingi Kapolsekta Banjarmasin Selatan Kompol Yopie.

     
PSU Pilwali Banjarmasin berlangsung aman dan lancar dengan penerapan protokol kesehatan. (ANTARA/Bayu)


Apalagi protokol kesehatan juga sangat dipatuhi dan dijalankan secara baik oleh kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), sehingga setiap pemilih juga mematuhinya selama berada di TPS.

Untuk sistem pengamanan, tambah dia, dilakukan cukup maksimal dengan kekuatan 340 personel gabungan Polresta Banjarmasin dibackup 60 personel Satuan Brimob Polda Kalsel, 60 personel Direktorat Samapta Polda Kalsel serta 30 personel TNI.

Baca juga: KPU dan Bawaslu Pusat pantau langsung kesiapan PSU Pilkada Banjarmasin

"Setiap TPS dijaga dua personel Polri dibantu satu linmas. Operasi pengamanan PSU ini kami gelarkan selama tiga hari terhitung Selasa kemarin hingga Kamis besok," pungkas Rachmat.

PSU Pilwali Banjarmasin digelar di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan. Ada 29.057 daftar pemilih tetap (DPT) yang suaranya diperebutkan empat pasangan calon yakni, paslon nomor urut 1 H Haris Makkie dan Ilham Noor, nomor urut 2 H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, nomor urut 3 H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan nomor urut 4 Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir.

 

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar