Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 2.725 atlet dan ofisial dari seluruh provinsi Indonesia akan mengikuti kegiatan olahraga Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI di Papua pada November 2021.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa di Jayapura, Rabu, mengatakan jika direkapitulasi dengan jumlah SDM panitia pelaksanaan dan LO maka ditotal dapat mencapai 5.494 orang.

Baca juga: Atlet renang difabel Papua dijadwalkan jalani TC di Palembang

"Nantinya Peparnas ini akan diikuti oleh 12 cabang olahraga," katanya.

Menurut Doren, ke-12 cabang olahraga tersebut yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.

Baca juga: Peluncuran Peparnas XVI bukti kesiapan Papua gelar event olah raga

"Ke-12 cabang olahraga ini hanya akan diselenggarakan pada dua klaster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk Kota Jayapura akan dilaksanakan cabang olahraga tenis meja, bulu tangkis, catur, judo tuna netra, sepakbola CP dan tenis kursi roda lapangan.

Baca juga: Sesmenpora pastikan penyelenggaraan Peparnas tetap di Papua

"Sedangkan di Kabupaten Jayapura akan diselenggarakan cabang olahraga atletik, menembak, panahan, renang, boccia dan angkat besi," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap tidak hanya penyelenggaraan PON XX yang dapat terus digaungkan oleh media, namun juga pelaksanaan Peparnas XVI di Papua sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi tersebut serta turut menyukseskan kegiatan tersebut.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021