Saham China naik dipimpin sektor kendaraan listrik dan kesehatan

Saham China naik dipimpin sektor kendaraan listrik dan kesehatan

Ilustrasi - Para investor sedang memantau pergerakan saham di bursa saham China. ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Shanghai (ANTARA) - Pasar saham China ditutup lebih tinggi pada Rabu, dipimpin oleh saham-saham sektor kendaraan listrik dan perawatan kesehatan yang ditopang oleh pendapatan yang kuat, sementara investor menunggu hasil pertemuan politbiro akhir pekan ini.

Pada penutupan, indeks Shanghai Composite naik 0,42 persen menjadi 3.457,07, sedangkan indeks saham unggulan CSI300 naik 0,56 persen.

Memimpin kenaikan, sub-indeks sektor kendaraan energi baru naik 2,58 persen, sedangkan sub-indeks perawatan kesehatan naik 2,11 persen.

Saham sektor kebutuhan pokok konsumen turun 0,03 persen, sedangkan indeks real estat turun tipis 0,14 persen.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir naik 0,8 persen dan indeks Komposit ChiNext papan pengembangan lebih tinggi sebesar 2,162 persen. Indeks STAR 50 yang berfokus pada teknologi naik 0,94 persen.

Saham Contemporary Amperex Technology Co Ltd, perusahaan produsen baterai terbesar di dunia untuk kendaraan berbasis energi baru, naik 5,3 persen setelah melaporkan kenaikan laba bersih tahun 2020 sebesar 22 persen.

Investor mengharapkan pertemuan politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa, akan terjadi sekitar akhir pekan ini.

China akan melaporkan penurunan populasi pertamanya sejak 1949, Financial Times melaporkan pada hari Selasa, memperumit tantangan yang dihadapi oleh pembuat kebijakan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi jangka panjang negara itu.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,1 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,21 persen.

Pada 07:04 GMT, yuan tercatat pada 6,4869 per dolar AS, 0,06 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya pada 6,483.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah setelah menguat sehari sebelumnya
Baca juga: Saham unggulan China naik didorong perusahaan perawatan kesehatan
Baca juga: Saham China dibuka melemah, perpanjang kerugian sehari sebelumnya


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar