Lantamal VI-Pemkot bersinergi dalam program Kampung Bahari Nusantara

Lantamal VI-Pemkot bersinergi dalam program Kampung Bahari Nusantara

Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari didampingi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menandatangani prasasti peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kelurahan Untia, Makassar, Rabu (28/4/2021). ANTARA/HO/Lantamal VI.

Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal VI) bersama Pemerintah Kota Makassar bersinergi dalam membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang digagas oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk memberdayakan warga pesisir agar potensi daerah dapat dimanfaatkan secara optimal.

Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari saat peresmian KBN di Kampung Nelayan Untia, Makassar, Rabu, mengatakan gagasan membangun KBN tersebut untuk pemberdayaan warga pesisir dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan.

Baca juga: Karangan bunga penuhi Lantamal VI

Baca juga: Lantamal VI gelar Shalat Gaib untuk prajurit KRI Nanggala-402


"Salah satu yang menjadi fokus utama kami, saat ini masih situasi pandemi COVID-19, sehingga program yang pertama adalah dengan membentuk brain camp, kemudian melangkah ke program lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan pertama yang akan dilaksanakan yakni bela negara, kemudian mengembangkan potensi lainnya melalui edukasi berkelanjutan.

Laksma TNI Benny Sukandari menyatakan ada lima klaster Kampung Bahari Nusantara untuk menunjang kesejahteraan rakyat, yaitu klaster edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertahanan. "Keseluruhan klaster bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat sesuai program pembangunan pemerintah," katanya.

Danlantamal VI Makassar menerangkan peresmian Kampung Bahari Nusantara Untia di Kecamatan Biringkanaya ini merupakan salah satu perwujudan dari tugas TNI AL dalam membantu pemerintah daerah dalam rangka menciptakan masyarakat maritim yang cinta dan ikut melestarikan laut Nusantara.

Lebih lanjut, Danlantamal VI mengatakan Kampung Bahari Nusantara sebelumnya telah diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada 5 Agustus 2020 secara terpusat di Desa Tanjung Pasir Teluk Naga, Tangerang, Banten dan diikuti secara virtual oleh satker-satker jajaran TNI AL di daerah masing-masing.

Danlantamal VI menjelaskan Kampung Bahari Nusantara bertujuan untuk menyukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi Maritim.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang hadir dalam peresmian itu berharap ada peningkatan kualitas SDM serta taraf hidup masyarakat pesisir.

Baca juga: Lantamal VI Makassar kirim rumah sakit terapung ke Sulbar

“Wah saya pribadi sangat berterima kasih pada Lantamal VI, karena program ini menyasar bukan hanya pada kegiatan semata, tapi ada edukasi yang saya kira sangat membantu Pemerintah Kota Makassar di masa pandemi ini," katanya.

Menurutnya, program Makassar Recover cetusannya bersama Wawali Fatmawati Rusdi sangat apik di kolaborasikan dengan program KBN.

"Selaras tentunya dengan Makassar Recover. Kampung Bahari Nusantara ini diisi dengan pelatihan dan pembelajaran. Ketika peluang ini dimanfaatkan baik oleh warga, tentu akan memberdayakan dirinya dan bisa lebih kreatif dalam mengolah hasil laut," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres JK resmikan kantor pusat baru PT KBN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar