Relaksasi PPnBM dongkrak penjualan mobil Honda di Jatim dan Bali

Relaksasi PPnBM dongkrak penjualan mobil Honda di Jatim dan Bali

Honda Brio (ANTARA/HO)

Jadi dari meningkat dua kali lipat, naik lagi satu persen pada periode Maret-April 2021. Tentunya ini dampak PPnBM dan sangat baik
Surabaya (ANTARA) - Kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai Maret 2021 untuk kendaraan berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah mendongkrak penjualan mobil Honda di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Surabaya Center (HSC) Wendy Miharja di Surabaya, Rabu, mengatakan, penjualan mobil Honda periode Februari-Maret 2021 sudah meningkat dua kali lipat dibanding bulan yang sama tahun 2020, namun pada Maret-April 2021 lebih meningkat lagi akibat dampak kebijakan relaksasi PPnBM.

"Jadi dari meningkat dua kali lipat, naik lagi satu persen pada periode Maret-April 2021. Tentunya ini dampak PPnBM dan sangat baik," kata Wendy.

Ia menyebut program relaksasi sangat baik bagi penjualan mobil di HSC yang membawahi wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun, Wendy mengakui kebijakan itu tidak diimbangi dengan stok atau persediaan barang, sehingga sejumlah pembelian terpaksa harus menunggu (inden).

Baca juga: 20 mobil terlaris Indonesia, Honda Brio dan Suzuki Carry teratas

"Sayangnya jumlah unit yang kami miliki terbatas, sehingga banyak permintaan yang tidak bisa kami penuhi sekaligus, dan masih cukup banyak yang inden, khususnya di model tertentu," katanya.

Selain itu, kata dia, akibat unit yang terbatas membuat pemenuhan barang mundur ke Juni 2021, sehingga sejumlah konsumen tidak bisa mendapatkan fasilitas PPnBM 100 persen.

Salah satunya jenis mobil yang meningkat tajam dan menguasai pasar adalah Honda Brio yang di periode Januari-Maret 2021 terjual 1.292 unit, atau berkontribusi lebih dari 50 persen, akibat relaksasi PPnBM.

"Untuk target penjualan kami jenis Brio adalah sebanyak 7.705 unit dan relaksasi PPnBM membantu pemenuhan target itu," kata Wenndy.

Baca juga: Menperin: Mulai April, 29 tipe kendaraan peroleh relaksasi PPnBM

Baca juga: Menperin targetkan penjualan 81 ribu kendaraan dari relaksasi PPnBM


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendag sampaikan alasan pemerintah relaksasi pajak PPnBM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar