Kepuluan Seribu gandeng swasta kembangkan Kawasan Wisata Strategis

Kepuluan Seribu gandeng swasta kembangkan Kawasan Wisata Strategis

Sejumlah turis domestik berwisata di Pantai Perawan, Pulau Pari, yang menjadi salah satu dari sekian banyak tujuan wisata bahari di Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (19/11/2017). ANTARA FOTO/R. Rekotomo/am.

Pematangan konsep yang kreatif dan inovatif dengan dukungan desain
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan menggandeng pihak swasta untuk mengembangkan wilayah tersebut sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kasubag Pembangunan Kabupaten Pulau Seribu, Ahmad Saelani, menilai kerja tim dengan pihak swasta serta konsep yang matang akan menjadi kunci sukses kerja sama tersebut.

"Pematangan konsep yang kreatif dan inovatif dengan dukungan desain, strategi, serta tim kerja akan mampu menciptakan dan mengembangkan destinasi wisata," kata Ahmad Saelani dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Dia menilai kerja sama keduanya akan menghasilkan sejumlah destinasi wisata baru, salah satunya wisata Kapal Apung dan penataan kawasan Hexagon di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Dengan proyek awal tersebut, Ahmad optimis kawasan Kepulauan Seribu akan menjadi 10 destinasi wisata unggulan Indonesia.

Pihaknya juga akan terus mendongkrak arus wisatawan masuk dan peningkatan fasilitas di Kepulauan Seribu.

"Imbasnya, jumlah kunjungan wisatawan meningkat sering bertambahnya sarana prasarana fasilitas wisata," jelas Ahmad.

Pembangunan tersebut akan berimbas dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia karena peningkatan kesejahteraan dan ekonomi yang tercipta seiring meningkatnya kunjungan wisatawan.

Untuk mempercepat prosesnya, Pemkab Kepulauan Seribu akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Jakarta Investment Centre (JIC) terkait rencana membangun destinasi wisata baru.

JIC sendiri nantinya menjadi lembaga independen yang menganalisis proyek potensial, nilai biaya, hingga skema dan bentuk kerja sama di sejumlah tempat di Kepulauan Seribu.

Dengan demikian, para calon pengembang maupun investor dapat berpartisipasi dalam membangun dan mendukung pemerintah DKI Jakarta dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pemasaran digital
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Paramitra 1000 Wisata, Nana Suryana, selaku pihak swasta yang digandeng oleh Pemkab Kepulauan Seribu menyampaikan bahwa jajarannya sudah menyiapkan konsep pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu.

“Kami adalah perangkat kerja dengan pondasi kreatifitas, konsep, ide yang kreatif dan inovatif untuk membangun sinergi serta berkolaborasi ke dalam sistem kerja sistematis dan solusional," katanya.

Dengan memanfaatkan pemasaran digital, Nana optimis banyak potensi wisata di Kepulauan Seribu akan semakin tergali.

Direktur Operasional Paramitra 1000, Kusnandar Prianto mengatakan timnya akan membantu Pemkab dalam mengatur perencanaan kegiatan, optimalisasi kerja dan segala bentuk kegiatan lainnya demi meningkatkan pariwisata.

"Kami membangun sistem dan perkuatan koordinasi maupun komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kepulauan Seribu Propinsi DKI Jakarta," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim gabungan Polri cari korban dan puing pesawat Sriwijaya Air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar