London (ANTARA News/AFP) - Penjaga gawang Chelsea Petr Cech kemungkinan akan absen pada awal musim Liga Utama Inggris setelah cedera betis saat latihan.

Cech cedera urat betis kaki kanannya hari Selasa dan juara Liga Primer itu kini menegaskan bahwa ia akan absen hingga sebulan.

Itu berarti bahwa pemain internasional Republik Cheska itu tampaknya pasti tidak memperkuat Chelsea pada pertandingan pembukaan Liga Primer melawan West Bromwich di Stamford Bridge pada 14 Agustus dan kemungkina juga pada pertandingan tandang ke Wigan sepekan kemudian.

Pemain berusia 28 tahun itu, yang mengalami cedera serupa sehingga ia absen sebulan musim lalu, juga tidak akan memperkuat klubnya pada pertandingan Community Shield melawan Manchester United di Wembley pada 8 Agustus dan sisa persiapan pramusim Chelsea, termasuk pertandingan persahabatan melawan Ajax dan Hamburg.

"Pemindaian menunjukkan Petr Cech mengalami cedera urat betis di kaki kanannya dan penjaga gawang itu diduga akan absen selama saebuah," kata pernyataan Chelsea di lamannya.

"Ia mengalami cedera kemarin (Selasa) saat latihan dan kini diduga akan absen pada awal musim kompetisi kami, serta sisa pertandingan persahabatanpra musim kami."

Absennya Cech merupakan pukulan besar bagi Bos Blues, Carlo Ancelotti, sementara tim asuhannya mulai mempertahankan gelar mereka.

Ancelotti akan beralih kepada penjaga gawang veteran asal Portugal, Hilario atau Ross Turnbull untuk menggantikan Cech.

Turnbull, yang diboyong berdasarkan transfer bebas dari Middlesbrough tahun lalu, baru empat kali memperkuat The Blues.

Penjaga gawang berusia 25 tahun itu melakukan debutnya di Chelsea di pertandingan Liga Champions melawan APOEL dan saat Chelsea disingkirkan Inter Milan di 16 besar Liga Champions.

Hilario (34) lebih berpengalaman setelah tampil 36 kali untuk Chelsea sejak bergabung dengan klub tersebut tahun 2006, tetapi ia tidak pernah tampil meyakinkan dan kebobolan tiga atau lebih tiga kali musim lalu. (S005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010