BukuKas rilis fitur pembayaran aplikasi, permudah transaksi UMKM

BukuKas rilis fitur pembayaran aplikasi, permudah transaksi UMKM

Fitur terbaru BukuKas, BukuKasPay. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan BukuKas meluncurkan fitur pembayaran barunya bertajuk BukuKasPay yang mempermudah transaksi para penggunanya, yaitu para pelaku UMKM.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran di berbagai platform seperti Bank Virtual Account, QRIS dan dompet elektronik popular seperti OVO, DANA, GoPay, LinkAja dan ShopeePay. Fitur ini juga memungkinkan para pelaku untuk secara otomatis melakukan aktivitas pembukuan mereka di BukuKas, yang dapat menghemat waktu dan tenaga.

CEO dan Co-Founder BukuKas Krishnan Menon, melalui keterangannya pada Kamis mengatakan kehadiran fitur BukuKasPay diharapkan dapat memperlancar aktivitas usaha pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah melengkapi fitur penagihan dan pengingat hutang, kini para pemilik usaha kecil dapat melakukan pembayaran instan kepada pemasok mereka dan menghemat potongan biaya sebesar Rp6.500 jika ada transaksi antar bank.

Baca juga: Layanan pembayaran WhatsApp hadir di India tahun ini

"Mereka juga dapat menerima pembayaran melalui link pembayaran, menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital populer bagi pelanggan," kata Krishnan.

"Saat pelanggan menyelesaikan pembayaran, dana akan langsung diterima di rekening bank pebisnis dan ada pemberitahuan melalui aplikasi BukuKas sehingga mereka tidak perlu memeriksa apakah pembayaran telah diterima di aplikasi bank mereka," imbuhnya.

Hingga Maret 2021, BukuKas telah bermitra dengan lebih dari 5,8 juta pebisnis kecil dan pemilik warung di seluruh platform BukuKas, dengan 3 juta pengguna aktif bulanan di seluruh Indonesia. BukuKas juga tercatat mengelola transaksi senilai hampir 25 miliar dolar AS (kurang lebih Rp360 triliun rupiah) per tahun.

Aplikasi BukuKas pada mulanya merupakan sebuah jurnal pencatat keuangan digital yang memudahkan penggunanya dalam pencatatan dan mengatur penjualan, pengeluaran dan kredit.

Seiring waktu, aplikasi ini berevolusi dan diperkaya dengan fitur yang mengatur inventaris barang jualan, menerbitkan faktur, serta analitik yang simpel sekaligus sangat memudahkan, sesuai dengan visi dari BukuKas untuk menciptakan solusi yang terintegrasi guna mendukung aktivitas keseharian para merchant dalam bisnis mereka.

Melalui pengenalan akan metode pembayaran digital, aplikasi BukuKas menjadi semakin bermanfaat karena dapat mempermudah para pebisnis -- transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis pada pembukuan keuangan mereka.

Fitur BukuKasPay tersebut diluncurkan bersama dengan kampanye #BUKUKASihBerkah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan tahun 2021, dan dimaksudkan untuk memudahkan para merchant BukuKas menjalankan bisnisnya.

"Selama kampanye #BUKUKASihBerkah, mereka juga akan mendapatkan cashback dari transaksi mereka serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. Kampanye ini merupakan cara kami untuk mengapresiasi para pengguna BukuKas atas kepercayaan dan dukungan mereka selama ini," tambah Krishnan.

Baca juga: DANA alami kenaikan transaksi bayar tagihan digital

Baca juga: Menkop UKM: UMKM perlu terintegrasi dengan pembayaran digital

Baca juga: Alipay bisa digunakan wisatawan asing di China

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Corona momen terbangunnya peradaban baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar