Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menlu Jepang Katsuya Okada sepakat mengenai perlunya upaya bersama dari berbagai pihak, untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas dan keamanan kawasan.

Kedua Menlu, menurut Kementerian Luar Negeri di Jakarta, membahas hal itu di sela-sela pertemuan ke43 menteri-menteri luar negeri ASEAN (AMM) dan mitra wicaranya di Balai Sidang Nasional, Hanoi, Vietnam, Kamis.

Menlu Okada secara khusus melakukan kunjungan kepada Menlu Indonesia untuk membahas berbagai hal mengenai hubungan bilateral, regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara.

Dalam pertemuan itu, Menlu Marty didampingi Dirjen Aspasaf, Dirjen Kerjasama ASEAN, Dubes RI untuk Vietnam dan anggota delegasi Indonesia lainnya. Sedangkan Menlu Jepang didampingi beberapa pejabat Kemlu Jepang dan Kedutaan Besar Jepang di Hanoi.

Menlu Marty juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan perhatian Jepang terhadap perkembangan kawasan sebagai salah satu mitra penting dialog ASEAN.

Sementara itu, Menlu Okada memberi apresiasi kepada Indonesia atas upaya Indonesia mengembangkan demokrasi melalui Demokrasi Forum. Jepang mengharapkan Indonesia dapat meneruskan forum tersebut.

Sebelum pertemuan itu, pada Rabu (21/7) sore, Menlu Marty melakukan pertemuan dengan mitranya Menlu China, Yang Jiechi untuk membicarakan hubungan bilateral kedua negara dan berbagai hal mengenai masalah regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Dalam pertemuan itu, Menlu China antara lain menyampaikan terima kasih atas partisipasi Indonesia pada pameran internasional di China.

Ia mengharapkan, hubungan kedua negara dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan. Menlu RI juga mengharapkan kedua negara dapat saling bekerja sama untuk meningkatkan dan mengembangkan hubungan kedua negara serta dalam menyelesaikan permasalahan regional. (*)
(Tz.G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010